blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Asisten Sekda Wonogiri, Wiyanto (deret depan kesatu dan kedua dari kiri) memimpin upacara peresmian dan penyerahan bantuan sarana air bersih dari Polri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Selasa (7/11), menyerahkan bantuan sarana air bersih kepada masyarakat Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Yakni bantuan sumur bor yang dilengkapi mesin pompa air, untuk masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, upacara penyerahan bantuan sarana air bersih tersebut dilaksanakan di Dusun Sawit, Desa dan Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Diserahkan oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah.

Bantuan sarana air bersih tersebut, merupakan salah satu program dari Polri, guna membantu meringankan warga yang mengalami kekeringan. Utamanya pada musim kemarau, yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, Kapolsek se Distrik Pracimantoro, Asisten III Sekda Wonogiri, Wiyanto, Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri Ny Putri Indra Waspada bersama pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri.

Juga hadir jajaran Forkopimcam Paranggupito, para Kepala Desa (Kades) beserta jajaran perangkat desa, serta para tokoh masyarakat dan warga Dusun Sawit Desa dan Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Zoom Meeting

Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menyatakan, kegiatan ini serentak digelar di 15 titik di 12 Polres jajaran Polda Jawa Tengah. Upacara penyerahannya, dilakukan secara daring melalui zoom meeting bersama Kapolda Jateng.

Untuk diketahui, pembangunan sarana air bersih ini, dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan. Yakni dengan jalan melakukan pengeboran dengan kedalaman 143 Meter (M).

Sumber air dari dalam tanah yang ditemukan lewat pengeboran tersebut, kemudian ditarik dengan mesin pompa ke atas permukaan. Selanjutnya disalurkan melalui fasilitas pipanisasi menuju ke pemukiman warga. Juga dibangun bak penampungan yang dilengkapi fasilitas kran-kran air, guna memberikan kemudahan warga dalam memanfaatkannya.

Warga menyambut gembira dengan adanya sarana air bersih bantuan dari kepolisian tersebut. Sebab, sebelumnya, untuk mendapatkan air bersih, warga harus membeli dari jasa pelayanan mobil tangki. Harga air per tangki air berkapasitas 6 ribu liter Rp 170 ribu.

Kepala Desa (Kades) Paranggupito, Dwi Hartono, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Polri, yang telah memberikan bantuan sarana air bersih untuk warga, ”Kami mewakili masyarakat Dusun Sawit, Desa Paranggupito, mengucapkan terima kasih kepada Polres Wonogiri, yang telah memberikan bantuan pembuatan sumur bor dan mesin pompa untuk sarana air bersih bagi warga,” ujar Kades Dwi Hartono.
Bambang Pur