Rektor USM, Dr Supari ST MT melepas Tim KKN Internasional batch-1 di ruang Teleconference Lt 8 Menara USM pada 6 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rektor USM, Dr Supari ST MT melepas Tim KKN Internasional batch-1 di ruang Teleconference Lt 8 Menara USM pada 6 November 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain, Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Direktur Pascasarjana USM Dr Indarto SE MSi, Ketua LPPM USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, sejumlah dekan fakultas USM dan Ketua Satuan International Office USM Faisal Yusuf BA MBA MM.

Rektor USM, Dr Supari ST MT. Dia mengatakan, USM berkomitmen untuk meningkatkan riset bersumber internasional sehingga USM mendapat predikat unggul.

”Kami ingin berperan dalam dunia internasional dan terus berlanjut sehingga meningkatkan akreditasi setiap program studi yg ada di USM,” katanya.

Dia berpesan, tim yang diutus kesana harus memberikan kesan yang terbaik sehingga mengajak warga asing berkunjung ke USM.

”Selamat kalian telah menjadi duta budaya, duta USM, duta Semarang, duta Jawa Tengah dan duta Indonesia di kancah Internasional. Ceritakan apa yang kita punya, serap apa yang mereka punya, satukan apa yang dapat dikolaborasikan,” pungkasnya.

Menurut Rektor, pihaknya akan selalu mengikuti perkembangan dunia internasional sehingga dapat ikut berkontribusi mengatasi isu-isu internasional.

”Dengan adanya KKN dan PkM diluar negeri ini menunjukkan bahwa kami peduli dan ingin berperan di kancah internasional. Mungkin itu tidak besar, tetapi kami mulai berani menunjukkan diri,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Satuan International Office USM Faisal Yusuf BA MBA MM. Menurutnya, tim terdiri atas 11 mahasiswa, dua dosen dan satu dosen pembimbing lapangan (DPL). Kegiatan ini sebagai turunan dari MoU antara USM dan Alhidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development Thailand.

”Mereka akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional batch-1 bertema ‘Education and Practice of Flood Preventing and Underground Water Sustainability’ dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Phatnawitya Yala School Thailand mulai 7 November hingga 4 Desember 2023,” katanya.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan ini agar mahasiswa dan dosen USM dapat mengenal budaya luar negeri dan membekali dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN.

”Kami juga melakukan seleksi untuk memilih siapa yang layak untuk dikirim. Kami memastikan mereka sudah fasih berbahasa Inggris sehingga tidak ada kendala dalam berkomunikasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan perbedaan budaya dan karakteristik masyarakat akan menjadi lokasi yang strategis untuk belajar.

”Kami berharap USM akan semakin menjadi unggul dan semakin banyak mahasiswa atau dosen yang kami kirimkan ke luar negeri,” ujarnya.

Berikut nama mahasiswa dan dosen yang melakukan KKN dan PkM di Phatnawitya Yala School Thailand:

PkM Internasional (2 dosen pelaksana PkM dan DPL KKN):

1. Ngudi Hari Crista ST MT (Teknik Sipil)
2. Herman N.K. Paninggiran SS MMPar (Pariwisata)

KKN Internasional (11 mahasiswa)

Fakultas Hukum:
1. Mareita Rahmadanti Irawan (S1 Hukum) – proker individu: Literacy – Book Review

Fakultas Teknik:
1. Dhimas Sasongko Adji (S1 Teknik Elektro) – pengenalan microcontroller
2. Safrina dina Azkiya (S1 Teknik Sipil) – Mathematics Learning
3. Andhika Rizal Saputra (S1 PWK) – Disaster Mitigation

Fakultas Teknologi Pertanian:
1. Arinanda Fadhilatu Faza (S1 THP) – Kesehatan dan Gizi
2. Indrit Yudha Prasmana (S1 THP) – Sanitasi and Hygiene

Fakultas Psikologi:
1. Cinta Metatarsal Listya Putri (S1 Psikologi) – Feelings and Emotions
2. Prita Feberiani (S1 Psikologi) – Keseimbangan Otak dan Emosionalitas

Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Yoseva Putri Zefanya (S1 Ilmu Komunikasi) – Public Speaking Class
2. Aurellia Octa Sanyoto (S1 Pariwisata) – Tourism
3. Devira Aprillia Hartanu (S1 Pariwisata) – Basic Cooking

Muhaimin