Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (PkM FTP USM) memberikan Pelatihan Pangan Sumber Probiotik dan Inovasi Produk Yoghurt kepada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kabupaten Kendal di kampus FTP USM Jl Soekarno-Hatta, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (PkM FTP USM) memberikan Pelatihan Pangan Sumber Probiotik dan Inovasi Produk Yoghurt kepada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kabupaten Kendal di kampus FTP USM Jl Soekarno-Hatta, baru-baru ini.

Kegiatan didanai Universitas Semarang (USM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Tim PkM FTP-USM terdiri atas Ketua Ika Fitriana, S.TP, M.Sc, anggota Antonia Nani Cahyanti, S.Si, M.Si, dan Ir. Adi Sampurno, M.Si. Mereka dibantu dua mahasiswa USM.

Menurut Ika, tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai jenis pangan probiotik dan inovasi produk yoghurt, kandungan gizi yang berkaitan langsung dengan kesimbangan mikroba saluran pencernaan (gut microbiota), serta peluangnya untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha sebagai salah satu mata pelajaran sesuai kurikulum Merdeka Belajar.

Pada kegiatan yang diikuti 44 siswa dan 5 guru pendamping, Adi Sampurno memfokuskan pada materi sosialisasi tentang ”Pangan Lokal Hasil Proses Fermentasi sebagai Sumber Probiotik”. Sedangkan Antonia Nani Cahyanti menyampaikan materi tentang ”Peranan Pangan Probiotik untuk Mikroflora Usus (gut microbiota)” dan Ika Fitriana memberikan materi ”Inovasi produk yoghurt untuk meningkatkan kewirausahaan siswa”.

Kegiatan dilengkapi dengan pelatihan/praktik dan demo pembuatan yoghurt dan inovasi produk yoghurt yang dilaksanakan di laboratorium Mikrobiologi Pangan dan laboratorium Sensori, yang dipandu oleh Laboran dan asisten laboratorium serta mahasiswa FTP-USM.

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Sunarmi. M.Si berharap, kegiatan Goes to Campus ini dapat terus berkelanjutan dan ditingkatkan melalui MoU antara SMA Muhammadiyah 4 Kendal dan FTP-USM.

Muhaimin