blank
Pj Gubernur Jawa Tengah bertemu perwakilan FIFA di Stadion Manahan Solo jelang Piala Dunia U17 2023. Foto: Humas

SURAKARTA (SUARA BARU.ID) – Salah satu stadion di Provinsi Jawa Tengah berkapasitas 20 ribu penonton siap gelar perhelatan Piala Dunia U17 2023.

Stadion yang dipakai Piala Dunia U17 2023 ini terletak di pusat Kota Surakarta, di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Banjarsari, Surakarta.

Berjarak 9 kilometer dari Bandara Internasional Adisumarmo. Ya, itulah Stadion Manahan Kota Surakarta atau Solo yang bakal digunakan untuk ajang kompetisi Piala Dunia U17 2023, 10 November hingga 2 Desember 2023.

Kepastian Stadion Manahan siap untuk Piala Dunia U17 2023, uasi Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau langsung kondisi infrastruktur dan sarana prasarana Minggu, 5 November 2023.

Di Stadion Manahan yang dipakai untuk Piala Dunia U17 itu, Nana Sudjana disambut perwakilan dari FIFA, Kohli Sunny selaku management venue.

Keduanya berbincang dan memeriksa sejumlah sarana prasarana, meliputi ruang ganti atlet, ruang latihan dalam, ruang pelatih dan tim, serta tempat parkir.

Nana Sudjana menyebutkan, kesiapan Stadion Manahan untuk menggelar Piala Dunia atau FIFA World Cup U17, sudah mencapai 96 persen.

“Pekerjaan di Stadion Manahan hanya menyisakan pekerjaan finishing. Pada intinya untuk stadion dan sarana prasarana lain, siap untuk digunakan untuk pelaksanaan even ini, mulai tanggal 10 November,” kata dia.

Lebih jauh, Nana Sudjana mengatakan penyelenggaraan Piala Dunia U17 di Surakarta, akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Diperkirakannya, sektor UMKM akan tumbuh didukung dunia pariwisata yang bakal bergeliat. Tumbuhnya ekonomi di daerah itu juga akan menjadi penopang pula bagi terdongkraknya pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

Multiplier effect inilah yang kita harapkan, dan ini akan sangat berpengaruh bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya,” kata Nana.

Sementara itu, perwakilan dari FIFA, Kohli Sunny mengatakan, Stadion Manahan sudah siap untuk digunakan. Rumput stadion juga sudah memenuhi standar FIFA. FIFA merasa senang mendapat peluang menyelenggarakan pertandingan di Indonesia.

Diaz Aza