blank
Ketua Tim Pemrakarsa Museum USM, Ir Soeharsojo IPU didampingi Kaprodi S2 Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto SSos SH MH MM, Kepala UPA USM Agus Suryanto ST MH, Kaprodi S1 Teknik Sipil USM Ngudi Hari Crista ST MT dan Kepala Satuan International Office USM Faisal Yusuf BA MBA MM melakukan kunjungan ke Museum Kota Lama Bubakan, Kota Semarang, pada 3 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menumbuhkembangkan inspirasi, inovasi dan integritas dalam mendidik putra-putri bangsa, Universitas Semarang (USM) akan mendirikan museum.

Pendirian Museum USM diprakarsai oleh pembina Yayasan Alumni Undip Ir H Soeharsojo IPU.

Ketua Tim Pemrakarsa Museum USM, Ir Soeharsojo IPU didampingi Kaprodi S2 Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto SSos SH MH MM, Kepala UPA USM Agus Suryanto ST MH, Kaprodi S1 Teknik Sipil USM Ngudi Hari Crista ST MT dan Kepala Satuan International Office USM Faisal Yusuf BA MBA MM melakukan kunjungan ke Museum Kota Lama Bubakan, Kota Semarang, pada 3 November 2023.

Ketua Tim Pemrakarsa Museum USM Ir H Soeharsojo IPU mengatakan, pihaknya mengamati secara seksama penjelasan dari petugas Museum Kota Lama dari satu fase ke fase berikutnya, dengan bukti yang terpampang, film yang diputar, kolam Bubakan tempo dulu dan penjelasan via narasi yang akurat dan komprehensif.

”Ini adalah bagian integral untuk memahami secara sistem bahwa begitu pentingnya generasi penerus memahami betapa luar biasa peradaban bangsa dan warga kota Semarang yang menjaga eksistensi alam dan berkomunikasi dengan bangsa bangsa luar, seperti bangsa Arab, China, Eropa maupun Melayu,” ucapnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi sehingga menimbulkan inovasi yang dapat kami tuangkan ke museum USM kelak.

Sementara itu Rektor USM, Dr Supari ST MT mengatakan, pihaknya juga telah melakukan kunjungan di museum Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

”Seusai studi banding di museum UNS Surakarta, sudah tepat jika museum kota lama Bubakan Semarang ini juga menjadi rujukan, karena USM ini tidak bisa lepas dengan sejarah Kota Semarang,” katanya.

Dia mengatakan, dengan melihat secara langsung di museum Kota Lama Bubakan Semarang maka ada beberapa yang bisa diadopsi oleh USM untuk menata museum USM dari awal berdirinya sampai prestasi yang diraih selama ini.

Muhaimin