blank
Anggota polisi sedang memeriksa tas milik salah seorang siswa. Foto: Spw

KENDAL (SUARABARU.ID)- Polres Kendal melaksanakan patroli dan razia di sejumlah sekolah di Kota Kendal, Sabtu (4/11/2023).

Patroli dan razia ini dilakukan untuk mencegah tawuran antar-pelajar yang akhir- akhir kadang terjadi. Patroli kali ini fokus di SMK Bina Utama Kendal dan SMPN 3 Kendal.

Kabag Ops Polres Kendal AKP Abdullah Umar yang memimpin patroli ini, mengatakan bahwa beberapa sekolah yang rawan melakukan aksi tawuran, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Bina Utama Kendal.

Dia menyebutkan bahwa selain patroli dari kepolisian, peran dari guru-guru sekolah tersebut juga sangat penting untuk mengawasi gerak-gerik anak didiknya agar bisa mencegah tawuran terjadi.

“Kami harus patroli ketika mereka keluar dari sekolah. Kalau masih di dalam sekolah itu merupakan kewenangan pihak sekolah. Tapi kalau sudah keluar dari sekolah sudah kewenangan kami untuk mengawasi mereka dan kami juga melakukan pemeriksaan barang bawaan,” kata AKP Abdullah Umar.

AKP Abdullah Umar Juga mengatakan, bahwa pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas kepada siswa yang menjurus ke tindak pidana agar mereka jera,” jelas AKP Abdullah Umar.

AKP Abdullah meminta adanya peran orang tua, guru dan wali sekolah dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku anaknya ketika sedang di luar rumah.

“Karena kita ketahui posisi seorang pelajar masih sangat memerlukan bimbingan dan pengawasan, sehingga kita harus bersama sama dan bekerja sama dalam menciptakan situasi di Kabupaten Kendal yang aman dan kondusif,” ucapnya.

Sapawi