JEPARA(SUARABARU.ID) – Siswa SMPN 2 Jepara, Gravila Gendis Anggita Putri menjadi juara 1 cabang lomba mendongeng pada seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tahun 2023 tingkat Kabupaten Jepara. Status itu memastikannya menjadi wakil Jepara yang akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Kami bersyukur. Mengirim dua wakil yang kami kirim ke seleksi FTBI Kabupaten Jepara, satu siswa meraih juara 1 sekaligus maju ke tingkat provinsi. Satu siswa lain meraih juara 2,” kata Kepala SMPN 2 Jepara, Fatkhurrohman, Jumat (3/11/2023).

Siswa dimaksud adalah Maullanna Putra Ardyan,yang menjadi juara 2 pidato. Seleksi FTBI jenjang SMP tingkat Kabupaten Jepara, berlangsung Kamis, 2 November 2023, di SMPN 3 Jepara.

Peserta dari SMPN 2 Jepara disertai oleh Adhe Punthi dan Widiana Adiati selaku guru pendamping. Hasil dari kejuaraan ini langsung disampaikan kepada pihak sekolah dan mendapatlan respons baik dari Waka Kesiswaan Fitri Asmaryanti.

“Selamat kepada anak-anakku yang luar biasa. Kalian hebat. Terus semangat untuk melestarikan budaya bangsa,” ujarnya melalui WhatsApp.

Salah satu guru penggerak di SMPN 2 Jepara Dwika Bagus Satria dan Atika Zaqiyatut T.H. memberi jargon #capero bisa #capero berkarya dan #capero juara untuk memacu anak didiknya meraih prestasi lebih tinggi.

“Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) diharapkan dapat memberikan akses bagi para partisipan umumnya dan khususnya peserta didik SMPN 2 Jepara, sehingga nantinya akan semakin bangga menggunakan bahasa daerah,” kata Abdul Wahab, Staff Kesiswaan SMPN 2 Jepara.

Aksal