Satgas Preventif Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 menerjunkan petugas untuk pengamanan di kantor KPU. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam pengamanan Pemilu, Satgas Preventif Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 menerjunkan petugas untuk pengamanan di kantor KPU dan Bawaslu.

Rencana penugasan tersebut akan berlangsung hingga tahapan Pemilu 2024 selesai.

Diketahui, Kantor KPU dan Bawaslu merupakan obyek vital Pemilu 2024 yang harus dijaga petugas kepolisian yang tergabung dalam Operasi Mantab Brata Candi 2023-2024, khususnya dilaksanakan oleh Satgas Preventif.

Kasatgas Humas Operasi Mantab Brata Candi 2023-2024 yang dijabat oleh Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Polda Jateng telah menyiapkan segala keperluan terkait pengamanan seluruh tahapan Pemilu tahun 2024 yang tahapannya sudah dimulai pada bulan Oktober 2023.

“Petugas pengamanan telah diterjunkan untuk menjaga kantor-kantor penyelenggaraan Pemilu 2024, diantaranya kantor KPU dan Bawaslu,” kata Satake, Kamis (2/11/2023).

Dalam upaya menjaga situasi tetap aman dan kondusif selama proses pelaksanaan Pemilihan Umum, sambung Satake, pengamanan tersebut melibatkan perwira pengendali untuk menjamin pengawasan dan pengendalian dapat dilakukan secara berjenjang dan terpusat melalui Posko Operasi Mantab Brata Candi.

Menurut Satake, langkah-langkah pengamanan ini menjadi penting mengingat Pemilu 2024 dianggap sebagai momen krusial demokrasi Indonesia, agar dapat berlangsung dengan sejuk, aman, damai dan bermartabat, sehingga menghasilkan pemimpin yang mampu membawa negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Polri bertugas melakukan pengamanan seluruh tahapan Pemilu. Polri siap melakukan segala upaya untuk memastikan keamanan selama proses Pemilu agar tetap kondusif. Ini tanggung jawab besar yang kami emban. Kami berkomitmen menjalankannya dengan baik,” tandasnya.

Masyarakat diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung, demi terwujudnya demokrasi yang berkualitas dan berintegritas.

“Semua pihak diharapkan bekerja sama dalam menjaga suasana kondusif dan memberikan dukungan penuh agar Pemilu 2024 berjalan sukses dan aman,” pungkas Satake.

Ning S