blank
Tim PkM USM Beri Pendampingan ke Pelaku UMKM Gerakan Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopimi) "Strategi Mempromosikan Produk" di kantor Kecamatan Semarang Selatan pada 1 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim PkM USM Beri Pendampingan ke Pelaku UMKM Gerakan Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopimi) “Strategi Mempromosikan Produk” di kantor Kecamatan Semarang Selatan pada 1 November 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Eka Putri Rachmawati S.T., M.T., anggota Ahmad Rifa’I, S.Kom., M.Kom., Saifur Rohman Cholil, S.Kom., M.Kom, Mereka didamping dua mahasiswa yakni Sekar Cinta dan Ajik Dewantoro.

Kegiatan dihadiri Camat Semarang Selatan, Ronny Tjahjo Nugroho, S.Sos., M.M.

Menurut Saifur, tujuan kegiatan memberikan pemahaman kepada 20 pelaku UMKM Gerai Kopimi tentang strategi promosi produk melalui aplikasi Tokopedia.

”Kami ingin memberikan pengetahuan mengenai strategi promosi produk UMKM Gerai Kopimi melalui aplikasi Tokopedia guna menjangkau target pasar yang lebih luas lagi. Kami berharap, mereka mampu memanfaatkan teknologi digital sebagai media promosi yang inovatif,” ujarnya.

Tokopedia menjadi marketplace yang digunakan sebagai strategi promosi untuk UMKM Gerai Kopimi karena memilki banyak keunggulan, seperti tampilan aplikasi yang friendly bagi orang awam, memiliki tawaran fitur yang menarik, serta banyak tawaran gratis ongkir yang dapat menarik para customer.

”Tokopedia memiliki citra marketplace yang bagus karena kolaborasi dengan artis atau idol yang terkenal mendunia. Selain itu, Tokopedia juga memiliki fitur yang unggul dan dapat memudahkan para mitra dan costumer,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 jam yang diisi pemaparan materi strategi promosi produk UMKM dan pelatihan penggunaan aplikasi Tokopedia.

Salah satu pelaku UMKM, Sri mengatakan, pihaknya antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Semoga dengan menggunakan marketplace Tokopedia dapat meningkatkan penjualan produk serta produknya dapat dikenal ke penjuru Indonesia,” pungkasnya.

Muhaimin