Lauching Posyandu Remaja dan deklarasi Kampung KB di Desa Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, digelar Mewah. Yakni di lokasi MEpet saWAH dengan latar belakang hamparan tanaman padi yang menghijau.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemerintah Desa (Pemdes) Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, me-launching Posyandu Remaja, sekaligus mendeklarasikan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB). Acara ini digelar ‘Mewah,’ yakni di lokasi MEpet (tepi) saWAH.

Tokoh masyarakat Wonogiri, Tarmin, mengabarkan, acara tersebut tidak digelar di dalam gedung pertemuan atau di Balai Desa sebagaimana lazimnya terjadi di sejumlah desa lain. ”Tapi digelar di tepi area persawahan dengan pemandangan tanaman padi menghijauan yang indah dan menawan,” ujarnya.

Acara ini, dihadiri Camat Jatipurno Mawan Tri Hananto, Tim dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Kabupaten Wonogiri, Tim dari UPTD Puskesmas Jatipurno, Kader PKK, Kades Slogoretno, Suparmanto, dan Kader Posyandu Desa Slogoretno beserta ratusan remaja desa Slogoretno.

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Remaja Desa Slogoretno diberi nama ‘Retno Kinasih.’ Ini bermakna bahwa anak usia remaja perlu kasih sayang dan perhatian. Keberadaan Posyandu Remaja diharapkan dapat ikut serta mencegah stunting, melalui program inovasi Canting Surga (Cegah Stunting Berbasisi Unsur Keluarga).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan remaja desa Slogoretno bisa tumbuh menjadi remaja yang sehat, remaja yang hebat dan remaja yang berprestasi.

Kampung KB Desa Slogoretno diberi nama ‘Retno Mulia,’ harapannya keluarga yang ada dapat hidup mulia dan sejahtera. Kegiatan Kampung KB, melakukan BKB (Bina Keluarga Remaja) dan PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).
Bambang Pur