Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri yang diwakili Kabid Kebudayaan, Eko Sunarsono (baju batik), menyerahkan tropi kepada peraih juara lomba dalang remaja.(Dok.Ist-SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bramantya Pangestu Utama, meraih gelar juara pertama lomba dalang remaja Tahun 2023 tingkat Kabupaten Wonogiri. Dalang remaja asal Sanggar Reksa Budaya Purwantoro ini, meraih nilai 1.544.

Gelar Juara dua dan tiga dimenangi oleh Egi Cahya Widi Utama dan Sahrul Oktavian Ramadan (Rama), keduanya dari Sanggar Panji Wulung. Masing-masing meraih nilai 1.504 dan 1.450.

Juara Harapan I diraih oleh Dhanu Probo Kusuma dari Sanggar Loka Probo Laras Ngadirojo. Juara Harapan II Fauzi Ramadhani dari SMP Negeri 3 Sidoharjo. Juara Harapan III Yhovian Giri Utama dari Sanggar Ismoyo Laras Pracimantoro.

Kabid Kebudayaan Dikbud Kabupaten Wonogiri, Eko Sunarsono, menyatakan, masing-masing juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Juara I, II dan III masing-masing Rp 5 juta, Rp 4 juta dan Rp 3 juta. Kemudian untuk juara harapan masing-masing sebesar Rp 2 juta.

Lomba dalang remaja digelar di Museum Wayang Nasional di Padepokan Pak Bei Tani, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Tampil sebagai tim juri trio dalang terdiri atas B Subono, Puthut Wijanarko dan Anom Dwijokangko.

”Lomba dalang tingkat Kabupaten Wonogiri, masih dilanjutkan Hari Kamis (2/11), untuk dalang anak-anak, yakni usia 8 sampai dengan 13 tahun,” jelas Eko Sunarsono yang juga seniman dalang.

Warisan Dunia

Lomba dalang digelar dalam rangka menyongsong Hari Wayang Nasional Tahun 2023. Sebagaimana diketahui, wayang kulit Indonesia oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan dunia. Yakni sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya.

Presiden Joko Widodo, telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 30 Tahun 2018 tentang penetapan Hari Wayang Nasional diperingati setiap Tanggal 7 Nopember.

Sebelumnya, juga digelar lomba seni karawitan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang diikuti sebanyak 16 group, dan untuk tingkat SMP sebanyak 21 group. Juara 1, 2 dan 3 tingkat SD dimenangi oleh MI Al Amin Honocoroko Wonogiri, SD Negeri Pelem Jatisrono dan SD Negeri 1 Slogohimo.

Juara Harapan 1, 2 dan 3 lomba seni karawitan SD/MI diraih oleh SD Negeri 3 Gemawang Ngdirojo, SD Negeri Sempukerep dan SD Negeri 1 Kerjo Kidul Ngadirojo.

Juara 1, 2 dan 3 lomba seni karawitan tingkat SMP dimenangi oleh SMP Negeri 3 Sidoharjo, SMP Negeri 1 Selogiri dan SMP Negeri 1 Giritontro. Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh SMP Negeri 4 Pracimantoro, SMP Negeri 1 Wonogiri dan SMP Negeri 1 Eromoko.
Bambang Pur