Dosen Bahasa Inggris Universitas Semarang (USM) Devy Angga Gunantar, S.Pd., M.Hum. dan dosen Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang (Unnes) Yuliati, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. berkolaborasi memberikan Pelatihan English for Business dan English for Tourism kepada anak-anak muda pelaku UMKM di Gunungpati dan Gayam Sari, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dosen Bahasa Inggris Universitas Semarang (USM) Devy Angga Gunantar, S.Pd., M.Hum. dan dosen Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang (Unnes) Yuliati, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. berkolaborasi memberikan Pelatihan English for Business dan English for Tourism kepada anak-anak muda pelaku UMKM di Gunungpati dan Gayam Sari, baru-baru ini.

Menurut Angga, kolaborasi antara dosen Bahasa Inggris USM dan Unnes dalam melaksanakan pelatihan English for Business dan English for Tourism bagi pemuda dan pemudi serta pelajar mahasiswa akan terus berlanjut dan saling bersinergi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut rencana, tahun depan kegiatan serupa akan diadakan dengan sasaran peserta yang lebih luas lagi.

”Tujuan pelatihan ini untuk memberdayakan anak muda pelaku UMKM yang menjalankan usaha mandirinya melalui program pelatihan English for Business dan English for Tourism. Selain itu juga untuk mengembangkan pemasaran produk usaha kerajinan/kuliner mereka sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” katanya.

Dia mengatakan, sasaran dari pelatihan ini adalah para pemuda dan pemudi serta pelajar mahasiswa di wilayah Gunung Pati dan Gayam Sari Semarang.

Dia berharap, mereka mempunyai kemampuan dasar berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar sebagai bekal untuk marketing produk kerajinan maupun produk kuliner yang mereka hasilkan.

”Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui pelatihan bahasa Inggris ini adalah dengan Transfer Knowledge yaitu mentransfer ilmu komunikasi English for Business dan English for Tourism pada para pemuda dan pemudi pelaku UMKM melalui pelatihan. Pelatihan tersebut mencakup; memberikan materi dasar English for Business dan English for Tourism; dan melakukan praktik komunikasi Bahasa Inggris untuk bisnis,” ungkapnya.

Menurut Yuliati, pelatihan ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berkolaborasi dengan dosen USM memberikan pelatihan dan ilmu pengetahuan kepada para peserta dalam kecakapan berbahasa Inggris.

Muhaimin