Sinden-sinden muda dalam pementasan wayang kulit milenial dengan lakon Dewa Ruci oleh Ki Dalang Nuryanto di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora  

BLORA (SUARABARU.ID) —  Ada harapan besar di pementasan wayang kulit milenial dengan lakon Dewa Ruci oleh Ki Dalang Nuryanto di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, pada Jumat 27 Oktober 2023.

Saat itu  juga ditampilkan peserta Sinden Idol 2023 tingkat  SD/MI hingga SMP/MTs se-Blora. Diharapkan, ke depan akan semakin banyak sinden-sinden muda bertalenta seperti halnya sinden muda Niken Salindry.

Paling tidak 5 tahun kedepan kalau para dalang mencari sinden tidak kesulitan lagi.  Tidak hanya itu, diharapkan akan muncul Niken Salindry lainnya dari Blora.

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Blora, H. Soekarno, menyampaikan bahwa  pementasan wayang kulit di Blora cukup unik.  Yakni, sinden hingga penabuh gamelan rata-rata diisi oleh kalangan muda. Tak hanya itu, pementasan tidak menggunakan kelir melainkan layar video wall.

“Apresiasinya kepada Pemkab Blora yang telah memberikan wadah bagi potensi-potensi sinden muda dari Blora, maturnuwun sampun diparingi wadhah ingkang sae kados mekaten (Terima kasih sudah diberikan wadah yang bagus seperti ini,” kata Ketua Pepadi Blora kepada awak media.

Ketua Pepadi Kabupaten Blora cukup konsisten terhadap dunia pewayangan di Blora menginginkan agar kedepan semakin banyak sinden-sinden muda bertalenta di Blora seperti halnya sinden muda Niken Salindry.

Mugi-mugi lima tahun kedepan kalau para dalang mencari sinden tidak kesulitan lagi Alhamdulillah semoga muncul Niken Salindry –  Niken Salindry lain dari Blora,” tandas Ketua Pepadi Blora.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho mengatakan   terdapat 94 peserta dari kalangan pelajar yang telah mendaftar Sinden Idol ini. Dari jumlah tersebut kemudian akan dilakukan seleksi.

“Ini menjadi potensi dari Blora. Sehingga terpilihlah dari 94 peserta menjadi 32 peserta, dan pada pagelaran hari ini sudah tampil anak-anak dari SD dan SMP sebanyak 10 orang,” ungkap Kepala Kominfo Blora kepada wartawan. Senin, (30/10/2023).

“Nantinya 32 peserta tersebut akan dibagi menjadi 3 pementasan. Hingga puncaknya pada tanggal 7 Desember 2023 akan ada pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah,” imbuh Kepala Kominfo Blora.

Dikemukakan, Kominfo Blora ingin agar kesenian wayang bisa dicintai dan digemari oleh generasi muda. Salah satunya dengan adanya pementasan wayang dan Sinden Idol dari para pelajar SD dan SMP ini.

“Bagaimana ada tantangan dari Pak Karno (Ketua Pepadi) supaya wayang bisa ditonton tidak hanya orang sepuh saja,  tapi juga dari kalangan muda.” Ucap Kepala Kominfo Blora.

Tak hanya itu, lanjut Kepala Kominfo Blora, pementasan wayang kali ini memiliki keunikan tersendiri dengan mengusung konsep ‘Wayang Gaul’.

“Konsep kami karena ini memang kami kemas karena wayang agar dicintai anak muda. Kalau pagelaran wayang malam ini wayang gaul, karena kelirnya juga diganti videowall, panjak-panjak (pemain gamelan) nya  juga anak muda,” ucap Kepala Kominfo Blora.

Disampaikan pula oleh Kepala Kominfo Blora,  antusiasme masyarakat terhadap Sinden Idol  sangat luar biasa. Hal tersebut nampak dari partisipasi masyarakat yang sudah memberikan dukungan kepada Sinden Idolnya melalui vote.

“Ini datanya, yang sudah nge-vote sinden idolanya sudah 10 ribu orang lebih,” tandas Kepala Kominfo Blora.

Kudnadi Saputro