Ketua KPU Wonogiri yang lama Toto Sihsetyo Adi (kiri) dan Anggota KPU Wonogiri Dwi Prasetyo (kanan atas), terpilih kembali menjadi komisioner KPU Wonogiri untuk periode 2023-2028.(SB/Bmbang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), telah mengumumkan nama-nama calon KPU Kabupaten/Kota periode 2023- 2028. Termasuk nama-nama komisoner untuk KPU Kabupaten Wonogiri.

Berdasarkan pengumuman KPU-RI Nomor: 117/SDM.12-Pu/2023, nama-nama calon KPU Kabupaten Wonogiri, ikut masuk dalam daftar pengumuman bersama kabupaten/kota di 9 provinsi di Indonesia.

Ada 5 nama calon untuk Kabupaten Wonogiri yang dituliskan dalam pengumuman KPU RI tersebut. Terdiri atas Doni Hafidhian, Dwi Prasetyo, Irawan Ary Wibowo, Satya Graha dan Toto Sihsetyo Adi. Dari kelima nama tersebut, ada dua wajah lama, yakni Dwi Prasetyo dan Toto Sihsetyo Adi. Sedang tiga lainnya, merupakan wajah baru.

Sebagai wajah lama, pada periode 2018-2023 Dwi Prasetyo menjabat sebagai Anggota KPU Wonogiri Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM). Kemudian Toto Sihsetyo Adi, menjabat sebagai Ketua KPU Wonogiri, merangkap Divisi Keuangan dan Logistik.

Sebagaimana diberitakan, terhitung sejak Tanggal 24 Oktober 2023 lalu, masa jabatan KPU lama (periode 2018-2023) telah berakhir. Sementara penggantinya, masih belum ada. Sehingga untuk kegiatan pelaksanaan tahapan Pemilu yang melibatkan komisioner, untuk semnetara ini terpaksa tidak dapat dilaksanakan.

Harapannya, dengan telah diumumkan 5 orang calon komisioner KPU Kabupaten Wonogiri yang baru tersebut, dapat segera ditindaklanjuti pelantikan. Untuk selanjutnya, sebagai komisioner baru yang definitif, dapat segera melaksanakan tugas melanjutkan proses tahapan Pemilu serentak 2024 yang telah diagendakan.
Bambang Pur