blank
Sekda Jateng, Sumarno, menghadiri  Ajang Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional Generasi Berencana (Adujaknas Genre) 2023, di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (29/10/2023).  (foto humas)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Ajang Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional Generasi Berencana (Adujaknas Genre) 2023, di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (29/10/2023).

Perhelatan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti Forum Genre dari 34 provinsi di Indonesia. Dalam ajang itu, Forum Genre Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi juara dua kategori Genre Terbaik 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno mengapresiasi keberadaan Forum Genre yang melibatkan Forum Anak, dan Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).  Sebab, forum ini dinilai mempunyai rencana sekaligus menjadi sarana menyambut Generasi Indonesia Emas 2045.

“Mereka (Forum Genre) menjadi mitra stakeholder kita, karena berbagai masalah remaja adalah tanggung jawab kita di pemerintahan. Maka, adik-adik ini menjadi stakeholder yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah stunting dan lainnya,” kata Sumarno.

Menurut dia, anggota Forum Genre ini dapat lebih mudah berkomunikasi dan menjaring  pertemanan sesama anak muda, sehingga sosialisasi dan edukasi yang disampaikan lebih mengena. Termasuk edukasi tidak melakukan bullying, mencegah stunting, dan resiko pernikahan usia dini.

“Masalah bullying menjadi perhatian kita semua, sehingga adik-adik ini juga menjadi duta-duta anti-bullying yang ada di satuan pendidikan,” katanya.

Sumarno menilai, berbagai kegiatan yang diselenggarakan Forum Genre sangat strategis untuk melatih para remaja berorganisasi, berkolaborasi, bekerja sama, berkomunikasi, dan kegiatan positif lainnya.