Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum sedang memindahkan kucir pada toga seorang lulusan dalam Upacara Wisuda Periode VIII Tahun 2023 di kampus setempat, Sabtu (28/10). Foto: Dok/UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 1.449 sarjana baru lulusan setempat dan 72,7 persen di antaranya lulus berpredikat cumlaude.

Upacara Wisuda Periode VIII Tahun 2023 dipimpin Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dan berlangsung di kampus setempat terasa spesial karena bertepatan Peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2023).

Rektor UNS dalam sambutannya mengatakan, peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda ini relevan dengan semangat dan kerja keras 1.449 wisudawan yang sebentar lagi akan berkiprah bersama dan bergandengan tangan memajukan bangsa Indonesia.

Meskipun keadaan masa depan masih saja sulit diprediksi, pihaknya percaya lulusan UNS akan berhasil menaklukkan setiap rintangan dan ujian dengan bekal percaya diri, tekad yang kuat, dan potensi yang dimiliki.

Kerja keras dan semangat wisudawan dibuktikan dengan prestasi membanggakan. Hal ini karena jumlah Wisudawan UNS periode VIII berpredikat dengan pujian atau cumlaude mencapai 72,7 persen.

Tingginya jumlah wisudawan berpredikat cumlaude menandakan kualitas akademik di UNS menunjukkan tren yang semakin baik.

Perkembangan dunia kerja dan industri semakin meningkat setiap tahun. Pendidikan harus berorientasi pada kebutuhan kompetensi dunia kerja.

Pendidikan yang diambil wisudawan berfungsi mengembangkan keterampilan dan pola pikir untuk mempersiapkan lulusan yang siap bekerja. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan upaya memastikan agar perguruan tinggi selalu relevan dengan kebutuhan dan perubahan zaman.

Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum sedang menyampaikan amanat pada Upacara Wisuda Periode VIII Tahun 2023 di kampus setempat, Sabtu (28/10). Foto: Dok/UNS

Kampus sebagai jembatan dari dunia pendidikan ke dunia kerja berupaya memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk memasuki dunia profesi.

“Inilah pentingnya Saudara dibekali dengan kompetensi ilmu dan keahlian. Karena saya yakin, dengan kompetensi keilmuan yang terus menerus diasah dan keahlian yang senantiasa dilatih, akan menjadikan Saudara memiliki kemampuan bersaing di dunia kerja,” terang Prof Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.

Rektor menambahkan pengakuan lembaga pemeringkatan dunia Time Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2023 yang menempatkan UNS sebagai ranking 7 kampus terbaik di Indonesia.

Bagus Adji