Dokumen hasil pemilihan Ketua RT 01/RW 04 Lingkungan Cubluk Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Panitia Pemilihan)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) yang dilakukan warga masyarakat RT 01/RW 04 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (29/10), terhitung unik. Karena disertai doa ”Sekar Pangkur Dandang Gula.”

Dalam spanduk banner MMT (Metro Media Technologies) yang dibentangkan di lokasi pemilihan, ikut dituliskan: ”…….Kanthi dedonga Sekar Pangkur Dandang Gula, mugi ndadosaken pemimpin ingkang jujur lan wicaksono (dengan berdoa Sekar Pangkur Dandang Gula, semoga menjadi pemimpin yang jujur dan bijaksana).

Lokasi pemilihan menempati rumah salah satu warga, yakni rumah Nur Haryadi. Teknis pemilihan, ditangani oleh Panitia yang diketuai oleh Suwarto (Sekretaris RT lama), dengan melibatkan sejumlah tokoh dan generasi muda serta perwakilan perempuan.

Ada 6 tokoh warga yang maju menjadi kandidat calon Ketua yang harus dipilih warga. Terdiri atas Suwarto, Budi Irianto, Hasto Purnomo, Aris Prabowo, Nur Haryadi dan Tjipto Hartono. Teknis pemilihan diformat layaknya pencoblosan dalam Pemilu.

Panitia menyebarkan surat undangan kepada warga yang mempunyai hak pilih. Yakni warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau yang telah menikah. Pemilihan dilakukan secara Langsung, Umum Bebas dan Rahasia (Luber), dengan cara mencoblos nama kandidat yang menjadi pilihannya di bilik suara.

Demokratis

Panitia pemilihan menyediakan sebanyak 160 kartu suara. Tapi yang kemudian digunakan untuk pencoblosan sebanyak 119 lembar. Dengan perincian, sebanyak 118 lembar kartu suara sah dan satu lembar kartu suara tidak sah.

Pemilih diberikan kebebasan menetapkan calon pilihannya secara demokratis. Hasil penghitungan suara sebagai berikut: Calon Suwarto memperoleh dukungan terbanyak, yakni sebanyak 46 suara. Kemudian Budi Irianto (21 suara), Hasto Purnomo (17 suara), Aris Prabowo (2 suara), Nur Haryadi ( 25 suara) dan Tjipto Hartono (7 suara).

Sebelum acara pemilihan diakhiri, Ketua Rukun Warga (RW) 04 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Slamet Rahardjo, ikut memberikan sambutan. Suwarto, sebagai calon terpilih yang memenangi pemilihan, juga ikut menyampaikan sambutan.

Dokumen hasil pemilihan Ketua RT ini, oleh Ketua RW Slamet Rahardjo, akan segera disampaikan ke Kantor Kelurahan Giritirto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri. Agar Suwarto sebagai pemenang pemilihan, dapat segera ditetapkan sebagai Ketua RT baru yang definitif, menggantikan Totok Djarwanto.
Bambang Pur