Pengunjung Wanawisata Gua Terawang bisa selfi dan membuat konten, di area Gua Terawang, desa Kedungwungu Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Gua Terawang di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Jawa tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di wilayah kota Blora Jawa Tengah, sebagai alternatif berwisata alam di tengah hutan.

Gua Terawang  banyak dikunjungi warga dari wilayah sekitar Kota Pati, Demak, Grobogan dan Kota Rembang. Salah satunya warga Pati, Nia Ramadani, yang berkunjung ke Gua Terawang bersama rekan – rekan kuliah yang sedang liburan.

“Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari –  hari,” ucap Nia Ramadani saat berkunjung bersama rekan kuliahnya di Gua Terawang, Minggu, (29/10/2023).

Wisata Gua Terawang Todanan, lanjut warga asal Pati, Nia Ramadani, di Kedungwungu Blora ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, bisa selfi, bisa buat konten, sebab  lokasinya dikelilingi pohon jati, sehingga terkesan rindang dan sejuk.

“Konten alam terbuka, view untuk berselfi ria sangat banyak, udaranya juga masih segar dan sejuk,” ujar Nia Ramadani.

Plt. Kepala Dinporabudpar Blora Iwan Setiyarso melalui Kepala Bidang Pariwisata Budi Riyanto melalui akun resminya menjelaskan bahwa wisata Blora Gua Terawang ini sudah dikenal sejak zaman raja-raja Jawa untuk tempat bertapa guna memperoleh kekuatan mistis.

“Pada masa pemerintahan Belanda, Wisata Blora Gua Terawang ini banyak menyimpan sejarah karena sering digunakan untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat-pejabat Belanda. Konon, tiap akhir pertemuan selalu diadakan pesta dansa bagi pejabat yang hadir,” jelasnya.

“Namun, pada masa perang kemerdekaan, Wisata Blora Gua Terawang ini menjadi daerah pertahanan bagi para pejuang. Keunikan di Wisata Blora Gua Terawang ini, para pengunjung leluasa mengamati Gua di siang hari, ada cahaya sinar matahari masuk ke dalam gua,” kata Plt. Kepala Dinporabudpar Blora.

Untuk diketahui, kawasan wisata Blora Gua Terawang merupakan kompleks Gua yang memiliki enam Gua dalam satu kawasan, ini terbanyak di Jawa Tengah. Di dalam kawasan seluas 13 hektar itu terdapat satu gua induk, satu sendang, dan lima gua kecil lainnya.

Gua ini merupakan satu-satunya gua yang didalamnya terang disiang hari karena terkena sinar matahari, di kompleks Wanawisata Gua Terawang Todanan Blora terdapat kawasan arena bermain anak yang terletak 50 meter dari mulut Gua Terawang yang terasa sejuk karena dipayungi ratusan pohon jati besar.

Kudnadi Saputro