Deretan karangan bunga dari tokoh politik, pejabat pemerintahan hingga pengusaha berjajar di sekitaran Head Office Pura Group tempat persemayaman mendiang Jacobus Busono. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID)  – Founder dan chairman Pura Group Jacobus Busono memang telah berpulang pada Minggu (22/10) lalu. Namun manfaat kehadirannya bagi masyarakat saat ini masih dirasakan. Selama prosesi kedukaan berlangsung, deretan karang bunga duka cita memanjang sejauh lima kilometer dari Head Office Pura Group, tempat persemayaman jenazah.

Deretan karangan bunga yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan bahkan ribuan tersebut dikirim oleh para kolega, pejabat pemerintahan hingga para tokoh yang mengenal mendiang semasa hidupnya. Sejumlah nama pesohor baik di dunia politik, pemerintahan maupun pengusaha terpampang dalam karangan bunga yang berjejer.

Nama seperti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Kepala BIN Budi Gunawan, terlihat di sekitaran lokasi utama persemayaman jenazah mendiang.

Tak hanya itu, banyak pula perwira tinggi di jajaran Polri maupun TNI ikut hadir memberikan karangan bunga.

Saat ini sendiri, panjang deretan karangan bunga yang telah diletakkan di sekitaran area Pura Group bisa ditaksir bisa mencapai lima kilometer lebih.

”Meskipun saat ini mendiang telah berpulang, manfaat dari kehadirannya masih dirasakan, apalagi untuk pengusaha karangan bunga. Bisa kita saksikan karangan bunga di luar bisa sampai 5 kilometer, ini membawa berkah bagi mereka,” kata Direktur Utama Pura Group Bambang Handoko, Rabu (25/10).

Selama prosesi kedukaan hingga pemakaman yang akan dilakukan pada Jumat (27/10), ribuan pelayat juga ikut hadir memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang. Selain pejabat, pengusaha di lokal Kudus, tokoh pejabat dan pejabat skala Jateng maupun nasional juga banyak yang hadir.

Selain dikenal sebagai pengusaha yang sukses, Jacobus juga dikenal sebagai tokoh yang menginspirasi. Sebelum berpulang, mendiang juga sempat menulis sebuah buku motivasi. Buku tersebut diberi judul Think Big Start Small.

Melalui buku tersebut, mendiang Jacobus ingin menunjukkan jika dari hal-hal kecil akan ada tujuan yang besar.

”Tentunya filosofi ini menjadi budaya bagi kami untuk kami peduli dengan hal-hal yang kecil tapi tujuannya lebih besar,” ucapnya.

Dari pihak keluarga sendiri menyampaikan ucapan terima kasih atas semua ucapan belasungkawa yang diberikan pada mendiang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pejabat pusat, provinsi, dan daerah. Serta tokoh nasional, forkopimda serta para customer dan kolega Pura Group atas ucapan dan doa untuk almarhum Jacobus Busono yang dipanggil kembali pada tuhan Minggu kemarin,” katanya.

Selain itu, pihaknya pun menyampaikan permintaan maaf atas segala kesalahan almarhum semasa hidupnya. Baik yang tidak disengaja maupun secara sengaja.

”Kami mewakili keluarga besar, Seluruh manajemen dan karyawan besar pura grup, meminta maaf bilamana ada kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja,” tuturnya.

Ali Bustomi