blank
Air es. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah minum air dingin bisa bikin gemuk? Selama yang kita minum adalah air putih dan bukan minuman manis, atau berkalori tinggi, tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah.

Pada dasarnya, air putih dingin atau panas tetap nol kalori. Kandungan air putih: 0 gram karbohidrat, 0 gram lemak, dan 0 gram protein.

Mengkonsumsi minuman dingin di saat cuaca panas tentu terasa sangat nikmat. Minuman dingin tak hanya menghilangkan dahaga, namun juga membuat kamu merasa segar seketika.

Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan (diet), minuman dingin adalah salah satu hal yang kamu jauhi. Namun benarkah minum air dingin bisa membuat berat badan bertambah?

Dikutip dari Klikdokter, jika yang kamu minum adalah air putih dingin (tanpa tambahan apa pun), anggapan itu sepenuhnya salah. Air putih tidak mengandung kalori sama sekali. Jadi meskipun kamu minum berbotol-botol air putih dingin, kamu tidak akan bertambah gemuk.

Diketahui, tubuh kamu memiliki suhu inti yaitu sebesar 37 derajat Celcius. Minuman atau makanan yang masuk (baik dingin atau panas) ke dalam tubuh, akan diubah sesuai dengan suhu tubuh. Bahkan, tubuh kamu akan membakar kalori untuk memanaskan air yang dingin. Misalnya, untuk mengubah suhu 500 ml air dingin, tubuh memerlukan 17 kalori.

Minum air dingin bisa menggemukkan apabila minuman yang dikonsumsi bukanlah air putih (misalnya soda, jus buah, teh, dan minuman lainnya). Memang kebanyakan orang kurang menyukai air putih. Apalagi di saat cuaca sedang panas, pasti kamu ingin minum yang dingin dan manis.

Hati-hati dengan kandungan kalorinya! Satu kaleng minuman bersoda mengandung setidaknya 150 kalori. Lalu satu gelas jus jeruk terdiri atas 40 kalori. Jika kamu mengKonsumsinya bersamaan dalam satu hari, kalori yang masuk sama dengan kamu makan semangkuk nasi putih.

Jadi, minuman dingin atau hangat tidak berpengaruh pada berat badan kamu, melainkan jenis dan kandungan minuman yang dikonsumsi.

Ning S