Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memimpin Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kantor Gubernur, Kamis (19/10/2023). Foto humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang terus mengalami perkembangan. Rencananya, ground breaking pembangunannya akan dilaksanakan pada akhir November 2023.

“Insyaa Allah di akhir November 2023, rencana tadi sudah kita sepakati untuk dilaksanakan groundbreaking Kampung Seni Borobudur,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, usai Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kantor Gubernur, di Semarang, Kamis (19/10/2023).

Rencananya, kampung seni Kujon juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas sepeti amphitheater, museum, pasar seni cinderamata, kuliner, parkir dan shuttle. Kampung seni yang dibangun di atas lahan 10,74 hektar itu berjarak 1,5 km dari Candi Borobudur. Kampung ini diyakini menjadi magnet wisata yang melengkapi keberadaan objek wisata tersebut.

“Jadi Borobudur ini merupakan destinasi wisata unggulan. Selama ini kunjungan-kunjungan wisatawan-wisatawan lokal dan mancanegara, sudah sangat tinggi, sehingga perlu dibuatkan lokasi lagi, tidak semua fokus di Candi borobudur,” katanya.