blank
Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Silmy Karim memberikan arahan tugas saat melaksanakan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati. Foto: Dok/Kanwil

PATI (SUARABARU.ID) – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham RI, Silmy Karim terus melakukan berbagai strategi agar kehadiran Imigrasi semakin dirasakan masyarakat.

Silmy bertekad membangun gerbang masuk Indonesia semakin cantik, dengan kinerja maksimal dan peningkatan kualitas di beberapa sektor.

Ia mengatakan, setidaknya ada tiga strategi agar peran Imigrasi semakin terdepan, diantaranya optimalisasi anggaran, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan memahami aturan main.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan arahan tugas ketika melaksanakan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, pada Kamis (19/10/2023). “Salah satu fokus saya adalah mendorong anggaran untuk tetap optimal, Kepala UPT harus cermat untuk menyusun anggaran untuk satkernya masing-masing,” kata Silmy.

“Apabila fasilitas kita lengkap akhirnya kinerja untuk membantu masyarakat semakin optimal dan cepat juga,” sambungnya.

Terkait peningkatan kualitas SDM pada jajaran Imigrasi, Silmy mengatakan, Tour of Duty maupun Tour of Area dapat menjadi sebuah jalan keluar.

Menurut mantan Direktur Utama PT. Krakatau Stell itu, promosi dan mutasi merupakan jawaban atas kebutuhan peningkatan kualitas SDM, utamanya untuk meningkatkan kualitas di bidang manajerial dan teknis.

“Apabila pegawai diberi kesempatan untuk berpindah tugas, disitulah menjadi cara efektif untuk belajar, wawasannya pun akan semakin luas. Kalau bisa yang sudah 3 tahun mengabdi di suatu tempat harus segera dipindahkan, agar proses belajar dapat berlangsung terus menerus,” lanjutnya.

Sejalan dengan amanat Presiden RI Joko Widodo perihal pengembangan dan kemudahan pelayanan Keimigrasian baik kepada WNI maupun WNA, Silmy berharap semangat dari Presiden tersebut juga hadir di benak seluruh insan Imigrasi Indonesia.

Dirinya berpesan untuk mentaati aturan yang telah dibuat. “Untuk lebih baik lagi maka aturan yang menyulitkan harus dipangkas sesuai arahan Presiden, makanya dalam peraturan keimigrasian terbaru, rekomendasi dari instansi lain saya cabut semua,” ungkapnya

“Jalankan peraturan keimigrasian sesuai dengan aturan mainnya seperti apa,” tandas Silmy.

Sebelumnya, Silmy dan rombongan melihat secara langsung sejauh mana pelayanan keimigrasian yang berjalan di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati.

Kunjungan Dirjen Imigrasi kali ini merupakan yang perdana di wilayah Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu Silmy didampingi Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto, Direktur Izin Tinggal Keimigrasia, Heru Tjondro, Kepala Divisi Keimigrasian, Is Ekoputranto, dan Kakanim Kelas I Pati, Edwin.

Ning S