Pemandangan indah yang bisa dinikmatidari Bukit Pencu, Bogorejo, Blora. Fotoo: Hayatun Nufus Kamilah

BLORA (SUARABARU.ID)- Bukit Pencu adalah pegunungan kapur yang indah akan pesona alamnya dan cocok untuk kalian yang hobi muncak. Bukit ini terletak di Desa Gayam dan Desa Gendu, Kecamatan Bogorejo, Blora.

Bukit Pencu berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Bukit ini menyajikan pemandangan hutan jati yang membentang luas di kabupaten Blora dan kalau sudah sampai di atas bukit kalian bisa menghirup udara yang sangat sejuk saat kalian datang di pagi hari.

Ternyata benar yang diperbincangkan orang-orang, dari atas bukit ini mempelihatkan pesonanya kota Blora. Bahkan wilayah Rembang, Tuban dan sekitarnya tampak jelas dari atas bukit pencu meskipun terlihat tampak kecil.

Perjalanan menuju puncak bukit pencu tidak bisa menggunakan kendaran mobil maupun sepedah montor, maka kita hanya melanjutkan dengan berjalan kaki saat menuju puncak bukit. “Melali akses jalan stapak yang hanya ada satu-satunya jalan  untuk menuju bukit pencu,” ujar Ahmad Supri Masyarakat Blora.

Pemandanganya sendiri bagus saat suasanya cerah baik di pagi hari, siang hari maupun pada di sore hari. Selain itu dari bukit pencu kita dapat melihat aktivitas penggalian batu kapur. Di pagi hari kita dapat menikmati juga sunrise atau matahari terbit di ufuk timur. Sementara itu saat di sore hari kita dapat melihat dan menimati indahnya tenggelamnya matahari.

Pemandangan yang disajiakn adalah sawah penampungan hujan, hutan jati, perbukitan kapur dan kota di kejauhan sana. Desiran  angin sepoi-sepoi dari permukaan bukit membuat nyaman. Saat berada di puncak bukit jika beruntung akan menemui puluhan ekor monyet yang sedang bercanda dengan kelompoknya.

Untuk menuju wisata di Blora ini, kamu bisa ambil arah jalan Blora -Jepon setelah itu belok kiri menuju arah Kecamatan Bogorejo atau ikuti penunjuk arah yang ada. Sampai di Kecamatan Bogorejo, ambil arah ke kanan lurus terus sampai bertemu Desa Gayam.

Nah di desa inilah Bukit Pencu berada. Kamu bisa mencari melalui Google Map atau tanya ke warga bagaimana mengakses wilayah Bukit Pencu. ”Rute perjalanan untuk menuju ke lokasi dari pusat Blora ke Desa Gandu menempuh jarak sekitar 1 jam. Selanjutnya jika ingin mendaki ke bukit pencu, butuh sekitar 30 menit jalan kaki,” ujar Pak Jat pengunjung Bukit Pencu tersebut.

Dulu, wilayah perbukitan Pencu masih asri karena kanan kiri bukit masih banyak pohon jati. Namun, sekarang pohon Jati yang harusnya bisa menambah keelokan bukit ini, kini menjadi tandus.

Memang bukitnya masih bagus, karena bukit ini merupakan bagian dari pegunungan kapur yang materialnya terdiri dari batu kapur cukup keras dan tidak mudah untuk longsor.

Hayatun Nufus Kamilah