Pengurus MWC NU Kec. Jeparadan panitia saat audiensi dengan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta

JEPARA (SUARABARU.ID) – Disamping slametan,  doa bersama serta ziarah ke makam sejumlah tokoh, ada agenda lain yang digelar oleh MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Jepara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke – 8   yaitu Peragaan Busana Islami dan Pelatihan  Jurnalistik Santri Menulis.

Hal tersebut diungkapkan Kamis (19/10-2023) oleh Ketua MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Jepara K. Aunur Rofiq S.Pd, M.Pd kepada wartawan disela-sela persiapan slametan dan doa bersama yang akan diselenggarakan di Pendopo RA Kartini Jepara Jumat (20/10-2023) malam.

Sebelumnya pada Jumat pagi akan dilakukan ziarah ke Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan, ziarah ke Makam Tjirosoma I,III,IV, V,IV dan Tjitrosoma VII di Kamplek Makam Tjitrosoman Sendang serta ziarah ke makam tokoh NU Kecamatan Jepara.

Menurut K. Aunur Rofiq S.Pd, M.Pd peringatan hari santri yang mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri ini juga akan diisi dengan Lomba Peragaan Busana Islami memperebutkan trophy Pj Bupati Jepara serta hadiah jutaan rupiah.

“Kami ingin memberi wadah kegiatan dan bekal bagi anak-anak kita agar tidak hanyut dalam trend busana yang mengabaikan nilai-nilai islami,” terangnya. Karena itu peragaan busana ini akan dikolaborasikan dengan diskusi mengkaji busana dari berbagai perspektif, tambahnya

Sementara kegiatan Pelatihan Jurnalistik Santri Menulis yang akan berlangsung pada hari Minggu (22/10-2023) di Ruang Sultan Hadlirin akan diikuti oleh 75 pelajar. “Harapan kami pelatihan ini mampu menumbuhkan minat dan budaya  literasi kepada anak-anak kita,” terang K. Aunur Rofiq S.Pd, M.Pd. Budaya membaca dan menulis ini kita sangat rendah, tambahnya.

Sementara Sekretaris MWC NU Kecamatan Jepara H. Roeddy Sapto Hartono SE menjelaskan, untuk lomba peragaan busana Islami akan digelar di pendopo RA.Kartini Jepara.  “Mengingat animo peserta cukup banyak,maka untuk tingkat PAUD/TK/RA dan tingkat SD/MI  akan digelar pada pagi hari dan untuk tingkat M.Ts/SMP dan tingkat  MA/SMK/SMA/Mahasiswa/Umum akan diselenggarakan pada Sabtu malam,” ujar    H. Roeddy Sapto Hartono SE. Semua kegiatan yang diselenggarakan, peserta tidak dipungut biaya,tambahnya

Hadepe