blank

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Fakultas Farmasi Unissula melakukan riset. Riset yang dilakukan yakni meneliti preferensi masyarakat memilih berobat ke rumah sakit syariah dari aspek pengetahuan dan religiusitas. Penelitian dilakukan sejak diumumkannya pendanaan PKM 8 bidang pada tanggal 16 Juni 2023.

Mereka adalah Amelia Wilda, Bintang Ananda Afrilianti Vinalisa, Sabrina Mutiara Putri, Reefa Dyah Salsabila dan Putri Sirry Nafisatussalimah dengan dosen pendamping apt Arifin Santoso MSc. Tim melakukan riset terhadap masyarakat Jawa Tengah yang pernah berobat ke rumah sakit Syariah di Jawa Tengah. Diantaranya Rumah Sakit Islam Sultan Agung, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo, Rumah Sakit Umum Islam Klaten, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung, dan Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri.

Tim memberikan kuesioner kepada masyarakat yang ditemui secara langsung untuk menjadi responden riset. Kuesioner tersebut mengukur bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat tentang rumah sakit syariah yang telah diketahuinya dan tingkat religiusitas masyarakat yang dilihat dari dimensi intelektual, ideologi, ibadah publik dan privatnya serta pengalaman keagamaan yang pernah dirasakannya.

Hasil riset yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas masyarakat memberikan pengaruh pada keputusan masyarakat memilih untuk berobat ke rumah sakit syariah. Dengan hasil sebagai berikut sebesar 10,2% dipengaruhi oleh aspek pengetahuan dan 23% nya dipengaruhi oleh tingkat religiusitas masyarakat.

Selain itu, tim menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang baik pada rumah sakit syariah dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dalam berobat di rumah sakit syariah. Hal itu dapat menjadi landasan preferensi berobat kembali dimasa mendatang. Juga dapat menjadi kekuatan penyebaran informasi dari mulut kemulut oleh masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan tentang rumah sakit syariah.