Pejabat Utama Polres Klaten dan Kapolsek jajaran  melakukan pembinaan dan penyuluhan di sejumlah SMA dan SMP di Kabupaten Klaten. Foto: Polres Klaten

KLATEN (SUARABARU.ID) – Kepolisian Resor (Polres) Klaten menggelar pembinaan dan penyuluhan pada puluhan Sekoilah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Senin (16/10/2023)..

Kegiatan dipimpin Wakapolres Klaten dengan menyasar 41 sekolah setingkat SMA dan SMP. Pembinaan dan penyuluhan pada 15 sekolah dilaksanakan pejabat utama Polres dan 26 sekolah dilakukan Kapolsek jajaran.

Kapolres Klaten AKBP Warsono SH SIK MH melalui Kasihumas Iptu Abdillah SH MH menjelaskan, kegiatan pembinaan dan penyuluhan  merupakan upaya Polres Klaten dalam menindaklanjuti kasus yang melibatkan pelajar.

Kegiatan penyuluhan akan dilakukan secara rutin agar lebih efektif dalam mencegah berbagai penyimpangan remaja. Kegiatan akan dilaksanakan minimal seminggu sekali setiap hari Senin.

“Namun bisa juga secara insidentil menyasar sekolah yang siswanya terindikasi ada permasalahan,” kata AKBP Warsono.

Adapun materi dalam penyuluhan diantaranya mengenai pencegahan bullying, tawuran, tertib berlalu lintas dan narkoba. Selain itu ada juga materi tambahan berupa etika kesopanan dan juga peningkatan minat belajar siswa.

“Kami berharap upaya ini memberikan dampak positif. Kami ingin anak-anak ini tumbuh dan belajar dalam lingkungan yang baik, sehingga bisa menjadi generasi bangsa yang unggul,” jelasnya.

Iptu Abdillah SH MH berharap upaya Polres Klaten juga didukung masyarakat khususnya orang tua siswa. Peran orang tua dinilai cukup penting dalam pengawasan serta pembentukan karakter positif anak.

“Kami mohon orang tua lebih peduli dengan anaknya. Lakukan pengawasan yang ketat, jika memang tidak ada kepentingan mendesak arahkan anak agar di rumah saja. Kemudian berikan contoh yang baik dalam bersikap dan beribadah”, kata Kasihumas Polres Klaten.

Bagus Adji