Warga Desa Kalinanas Kecamatan Japah Kabupaten Blora berhamburan ikut antrean untuk dapatkan bantuan Air Bersih dari Perhutani KPH Mantingan. Foto: Kudnadi Saputro Blora 

REMBANG (SUARABARU.ID) —  Warga Desa Kalinanas kecamatan Japah Kabupaten Blora Jawa Tengah berhamburan keluar rumahnya berburu bantuan air bersih dari Perhutani KPH Mantingan.

Bantuan dua truk tangki air bersih kali ini untuk kebutuhan warga desa Kalinanas dan warga sekitar kawasan hutan yang memang kekeringan,  truk bantuan langsung  parkir di kawasan pedukuhan Gedang Klutuk dimana warga sekitar betul-betul kekeringan. Sabtu, (13/10/2023).

Administrator KPH Mantingan melalui Kasi PPB Mantingan Kriswantoro menyampaikan bahwa kegiatan bantuan air ini merupakan bantuan non Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

“Ini adalah kepedulian Perhutani Mantingan  kepada masyarakat pinggiran kawasan hutan yang terkena bencana kekurangan air bersih di musim kemarau yang panjang ini,” ucap Kriswantoro.

Lanjut Kriswantoro mengatakan bahwa akan terus gulirkan bantuan air bersih kepada desa – desa  yang kekurangan air bersih,  karena sesuai dengan prakiraan BMKG bahwa kemarau tahun 2023 sangat panjang.

“Untuk itu kami  menghimbau kepada masyarakat bila keluar harus membawa minuman agar tidak dehidrasi. Karean suhu udara yang ekstrim ini, dan hindari minuman yang dingin,” pinta Kriswantoro.

Agar badan tetap vit, lanjut  Kriswantoro, perbanyak minum –  minuman yang hangat dan mengandung vitamin C dan buah-buahan.

“Kami berpesan kepada petugas lapangan Perhutani Mantingan untuk melaporkan daerah mana yang perlu bantuan air bersih agar kami bisa segera menyalurkan bantuan serupa,” kata Kriswantoro.

Pada kesempatan itu, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Urip,  Sarbini mengatakan bahwa  sangat bersyukur karena perhutani Mantingan masih peduli kepada warga desa Kalinanas Japah yang kekurangan air bersih di musim kemarau ini.

“Bantuan ini kami harapkan bisa kami terima tiap 1 minggu sekali mengingat masyarakat sangat membutuhkan sekali. Apalagi sumur-sumur di daerah kami sudah mulai mengering dan kadang kami mengambil air cukup jauh. Kadang kami mendatangkan truk air bersih tetapi harus membeli,” ujar Sarbini.

Sejak bulan Agustus, lanjut Sarbini, Perhutani Mantingan terus memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat desa hutan yang kekurangan air bersih.

“Tak kurang dari dua truk tiap minggu menyisir desa-desa dikawasan hutan yang masuk kabupaten Rembang maupun Kabupaten Blora yang dikawal oleh KRPH setempat,” tandas Sarbini.

Nampak senang, warga desa Kalinanas Japah Kabupaten Blora pun berhamburan memburu bantuan air bersih dari Perhutani Mantingan, mereka keluarkan semua peralatan yang bisa digunakan untuk membawa air bersih ke tangki air bantuan Perhutani itu, Seperti yang dilakukan Intan.

“Senang mas, ada ember ember, jun, jerigen jerigen bahkan drum besar tak keluarkan, untuk menampung bantuan air bersih Perhutani mas,” ujar Intan sambil menenteng jun dipinggulnya.

Untuk Desa Kalinanas Kecamatan Japah  langsung dikawal oleh Agung Citatos salah satu KRPH di BKPH Kalinanas.  Bantuan air bersih dimulai dari BKPH Mendang Blora  hingga BKPH Sudo dimana masyarakat desa kawasn hutan memang perlu bantuan air bersih.

Kudnadi Saputro