Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mendampingi Menpora Dito Ariotedjo melepas kontingen atlet Indonesia yang akan bertanding. Foto: doc.humas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) –Delapan dari 37 atlet yang hendak bertanding dalam ajang The 4th Asian Para Games Hangzhou 2023 digadang-gadang pulang membawa emas.

Delapan atlet itu meliputi Sapto Yugo dan Kharisma Evi dari cabang olahraga atletik, Farah Yumna dari cabang olahraga catur, dan Subhan, Fredy Setiawan serta  Dwiyoko dari cabang  bulutangkis.  Selain itu, juga Ni’matul Fauziyah dan Taufik Abdul Karim untuk cabang lawn bowls.

“Mereka sudah memiliki pengalaman dan jam terbang dalam bertanding. Rata-rata teman-teman kita ini diberi kesempatan untuk ikut try out ke luar negeri,” beber Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI Jateng, Osrita Muslim, usai acara pelepasan atlet NPCI ke Hangzhou oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, di Kusuma Sahid Prince Hotel, Jumat (13/10/2023) malam.

Selain delapan atlet tersebut, 29 atlet lain yang diberangkatkan juga akan tetap berjuang keras agar meraih kemenangan dalam ajang pertandingan ini. Ada beberapa cabang olahraga yang berlatih dua kali dalam sehari.

Bahkan, ada atlet yang di samping ikut pelatnas, mereka masih menambah latihan di luar.

“Kalau untuk yang Hangzhou ini hampir dua tahun pelatnasnya,” ujar Osrita.

Pada kesempatan itu, Osrita juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memberikan perhatian besar kepada atlet dan pelatih NPCI Jateng.

Penghargaan dan bonus selalu diberikan bagi mereka yang berprestasi. Sarana berlatih pun tersedia dan ramah disabilitas. Bahkan, uang saku untuk berangkat ke Hangzhou juga diberikan.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, optimis, atlet NPCI Jawa Tengah akan mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Hangzhou.

Optimisme ini bukan tidak beralasan. Sebab, atlet asal Jateng yang diberangkatkan merupakan atlet-atlet berprestasi.

“Saya yakin bahwa akan ada atlet dari Jawa Tengah yang akan menerima medali emas dan akan berkumandang Indonesia Raya di Hangzhou China,” tandasnya.

Guna menambah semangat para atlet, Pemprov Jateng akan memberikan bonus kepada para atlet yang meraih medali, baik emas, perunggu, maupun perak.

Hery Priyono