BERAKSI - Salah satu peserta putri tengah beraksi tampil di depan penilai. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah seleksi mulai dijalani puluhan calon finalis Mas dan Mbak Batang, sebelum memasuki tahapan berikutnya. Sebelumnya, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Batang telah menggelar road show ke seluruh institusi pendidikan baik SMA/SMK sederajat, untuk menarik minat mendaftar sebagai Calon Mas dan Mbak Batang.

Pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online dengan sejumlah persyaratan yang telah ditentukan. Kepala Disparpora Batang Yarsono menyampaikan, serangkaian tes awal telah dilakukan seperti tes tertulis dengan format Computer Assisted Test (CAT), sehingga penilaian yang dihasilkan tidak dapat dimanipulasi.

“Dari 104 pendaftar terseleksi jadi 80 peserta. Dan sekarang sedang prosesi tampil langsung di hadapan penilai,” katanya, saat memantau proses pemilihan Calon Mas dan Mbak Batang, di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (14/10/2023).

Bagi 20 peserta yang lolos tes, nantinya akan menjalani proses karantina, termasuk mendapatkan pembekalan dan pembinaan secara intensif hingga menjelang puncak malam pemilihan Mas dan Mbak Batang.

“Tiga tahun lamanya terhenti akibat adanya pandemi. Kini dengan digelarnya proses road show, akhirnya minat peserta meningkat, dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya 70 peserta, kini menjadi 104 peserta,” jelasnya.

Tahap berikutnya, ke-20 calon Mas dan Mbak Batang akan mengikuti tes wawancara seputar kebudayaan, kepariwisataan, kepribadian dan lain sebagainya.

Nur Muktiadi