LOKASI PASAR - Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH meninjau lokasi kebakaran Pasar Losari Brebes didampingi Kapolsek Losari AKP Sodikin. (Foto: Wasdiun)

BREBES (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH meninjau lokasi kebakaran Pasar Losari Brebes yang terjadi pada Sabtu 7 Oktober malam. Penyediaan tempat sementara jadi wacana, agar para pedagang terdampak kebakaran tetap berjualan.

“Setelah kami cek lokasi kebakaran, yang harus dipikirkan adalah bagaimana para pedagang ini bisa tetap berjualan,” ucap Urip saat ditemui di Kantor Kecamatan Losari, Minggu (8/10/2023).

Urip menuturkan, lokasi dalam proses penyelidikan kepolisian, dia minta Kades Losari Lor untuk mencarikan tempat untuk para korban berjualan. Informasinya ada 20 kios dan 6 lapak serta dua toko yang terbakar. “Selain terbakar sejumlah kios dan lapak, kebakaran ini juga menghanguskan Pos Polisi Cisanggarung,” ucapnya.

Urip sudah berkomunikasi dengan Baznas Brebes untuk memberikan bantuan modal kepada para pedagang yang menjadi korban kebakaran. Dalam waktu dekat, pihaknya akan berkordinasi dengan sejumlah pihak terkait. “Kordinasi ini nantinya untuk melakukan penataan ulang Pasar Losari. Hal ini lantaran kondisi pasar yang cukup membahayakan berada di lorong dan bawah jembatan,” jelasnya.

Lanjut Urip, dugaan sementara dari kebakaran ini adalah korsleting listrik, sehingga pihaknya juga berencana melakukan penataan jaringan listrik di pasar tersebut.

“Untuk penataan ulang ini harus melibatkan BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Balai Besar Pengelola Jalan Nasional, dan PLN. Kita akan membicarakan penataan ulang seperti apa sebaiknya. Jadi kita ini bicaranya untuk kebaikan bersama, baik untuk pedagang maupun warga,” pungkasnya.

Plt Kasi Trantib Kantor Kecamatan Losari, Casdik mengatakan, kebakaran yang terjadi Sabtu 7 Oktober 2023 malam itu membakar puluhan kios lapak dan toko. Selain itu, api juga menghanguskan Pos Polisi Cisanggarung.

“Setelah tadi melakukan pendataan, data sementara yang kami peroleh dilokasi kejadian, total ada 28 tempat dagangan. Terdiri dari 20 kios, 6 lapak dan 2 toko milik pedagang di Pasar Losari,” ujarnya, Minggu 7 Oktober 2023 di lokasi kejadian.

Sementara itu, Kapolsek Losari AKP Sodikin mengatakan pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke Polres Brebes. Keterangan dari sejumlah saksi kebakaran terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 WIB.

“Guna penyelidikan lebih lanjut memastikan penyebab kebakaran, rencana hari ini Tim Labfor Polda Jateng akan melakukan identifikasi kebakaran,” pungkasnya.

Sutrisno