blank
Job Fair ke-44 UKSW. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Tak hanya meluluskan ribuan mahasiswa setiap tahunnya, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) juga selalu menjembatani setiap alumninya untuk mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu yang singkat.

Hal ini ditunjukkan dengan digelarnya Job Fair ke-44 UKSW melalui Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK), ysng digelar Kamis (5/10/2023) dan Jumat (6/10/2023) mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB di Balairung Universitas.

Diikuti oleh 30 perusahaan nasional, multinasional, hingga internasional, serta lembaga pendidikan, disiapkan sedikitnya 295 posisi lowongan bagi lulusan SMK/SMA, D3, D4, S1 dan juga S2. Berbagai perusahaan tersebut bergerak di beragam bidang seperti manufaktur tekstil, food manufaktur, elektronik, teknologi informasi, jasa keuangan, otomotif, retail, perbankan, tekstil dan lainnya.

Ketua Panitia Job Fair UKSW, Theresia Evy Yeniarti, S.E., menyebut dengan tema Retro Games yang diangkat tahun ini, diharapkan pencari kerja merasakan suasana fun dalam Job Fair ke-44 UKSW.

Suasana fun ini tampak dari tersedianya berbagai Role Play Game (RPG) dan board game hasil inovasi mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) yang dapat dimainkan pengunjung sembari menunggu antrian seleksi kerja.

blank
Job Fair ke-44 UKSW. Foto: Dok/UKSW

“Menghadirkan suasana yang fun, harapannya pencari kerja dapat meng-upgrade diri dan karirnya seperti tagline Job Fair kali ini, “Level Up Your Career Here,” ungkapnya.

Terkait keunggulan Job Fair UKSW, Theresia Evy Yeniarti mengatakan bahwa Job Fair UKSW mempunyai fasilitas langsung tes, baik berupa psikotes atau wawancara. Dengan fasilitas ini, pencari kerja bisa langsung diseleksi sehingga tidak perlu menunggu lama. Para pencari kerja diberikan vacancy book yang berisi daftar perusahaan dan juga lowongannya agar lebih mengenal profil perusahaan.

“Untuk mengikuti Job Fair UKSW, pencari kerja cukup melakukan registrasi di laman jobfair.uksw.edu, dan menyiapkan berkas lamaran seperti surat lamaran, CV, ijazah dan juga fotokopi transkrip nilai. Kemudian langsung datang ke Balairung UKSW dan mengikuti proses seleksi,” jelasnya.

Selain itu Job Fair UKSW berkolaborasi dengan Language Training Center (LTC) UKSW menyediakan free trial TOEFL, IELTS, dan TOEIC test serta memberikan undian tes TOEFL secara gratis di LTC.

“Tes Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance (DISC) juga semakin melengkapi fasilitas Job Fair UKSW. Tes ini merupakan kolaborasi Job Fair UKSW dengan Fakultas Psikologi yang berguna untuk melihat gambaran kepribadian secara cepat,” tambahnya.

Hasilkan lulusan terbaik

Berkesempatan membuka kegiatan Job Fair ke-44, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA)., mengungkapkan rasa syukurnya. Yafet Yosafet Wilben Rissy berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja untuk meniti karir.