blank
Pemerintah Kabupaten  Blora kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Wujudkan Blora sebagai Kabupaten dengan pertanian organik. Foto: Prokompim Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora serius untuk mewujudkan Blora sebagai Kabupaten dengan pertanian organik,  salah satunya saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin,  (2/10/2023).

Saat melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Pertanian UNS, Bupati Blora H. Arief Rohman, mengatakan, keseriusan dalam mewujudkan Blora menjadi Kabupaten pertanian organik bukan tanpa alasan, salah satu alasannya agar tidak bergantung dengan pupuk kimia.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan Blora menjadi Kabupaten dengan pertanian organik nomor satu. Agar petani di Blora tidak bergantung atau bahkan lepas dari pupuk kimia,” ungkap Bupati Blora.

Bupati Blora dan rombongan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS Surakarta, Prof. Dr. Samanhudi, S.P., M.Si beserta jajaran,.

Pada kesempatan itu,  Bupati Blora  menyampaikan bahwa saat ini Blora mempunyai Inovasi Gerakan Sejuta Umat.

“Saat ini, Blora mempunyai inovasi Gerakan Sejuta Umat yang merupakan gerakan masyarakat memanfaatkan kotoran ternak. Inovasi itu bertujuan kotoran ternak dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Inovasi ini juga kemarin kami presentasikan ke Kemendagri,” ucap Bupati Blora.

Kabupaten organik, lanjut Bupati Blora, merupakan keinginan agar masyarakat Blora yang mayoritas berprofesi sebagai petani lebih sejahtera.

“Mayoritas masyarakat Blora kan berprofesi sebagai petani. Harapannya jika kita menggandeng ahlinya dalam mewujudkan kabupaten organik masyarakat kelak lebih sejahtera.” kata Bupati Blora.

Untuk itu Blora minta dukungan Fakultas Pertanian UNS terhadap inovasi tersebut dapat mewujudkan kedaulatan pangan yang ada di Kabupaten Blora.

“Blora yang mempunyai prospek tinggi dengan pertanian organik. Selain itu juga sebagai penghasil sapi terbesar se-Jawa Tengah. Dengan dukungan UNS terhadap pertanian organik yang terintegrasi dengan peternakan dapat mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Blora,” tandas Bupati Blora. Kudnadi Saputro