Es cincau dan daun cincau. Foto: Reka Wied

CINCAU, belakangan menjadi sangat popular. Minuman segar cincau kini banyak ditemui di berbagai tempat, termasuk yang dijual pedagang keliling.

Cincau yang semula hanya diminum dengan santan dan gula, kini juga makin berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Lalu kita kenal capucino cincau, yang merupakan paduan dua bahan  yang menjadi minuman modern.

Tahukah Anda, bahwa cincau berasal dari daun tanaman cincau. Cincau sering disajikan sebagai minuman penyegar dengan tambahan gula atau sirup, santan, es, dan susu. Cincau merupakan salah satu minuman yang menyegarkan terlebih pada musim kemarau yang panas oleh terik matahari seperti saat ini.

Selain menyegarkan minuman cincau juga dikenal baik untuk kesehatan. Cincau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Cara membuatnya pun terbilang sangat mudah.

Berikut resep dan cara membuatnya yang bisa anda coba di rumah:

Bahan – bahan :
20 lembar daun cincau hijau (Cuci bersih)
400 ml air matang hangat
Sirup gula merah
Santan encer matang
Es batu
Cara Membuat es Cincau

Cara Membuat es Cincau

Masukkan daun cincau dan air hangat, remas-remas sampai keluar lendir daunnya. Lakukan terus sampai daun cincau benar-benar hancur. Peras dengan pakai sarung tangan untuk memastikan kebersihan atau higienis.

Saring hasil remasan. Hasilnya cairannya seperti lendir yang lama-lama akan mengeras. Simpan hasil saring dalam wadah, lalu simpan di kulkas.

Cincau hijau asli akan mengeras dan dapat disajikan dengan es serut, santan dan sirup gula merah. Es cincau hijau gula merah siap dikonsumsi.

Cincau hijau pun  bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan. Mudah bukan cara membuatnya?

Dinita Charissa Ludviana -Mg