blank
Respon kekeringan, LAZiS Jateng distribusikan 754.500 liter air bersih di daerah terdampak. Foto: Dok/LAZIS

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Merespon terjadinya kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, khususnya Jawa Tengah, LAZiS Jateng mendistribusikan 754.500 liter air bersih untuk masyarakat terdampak.

“Alhamdulillah, kami bisa ikut membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah Jawa Tengah, berkat dukungan dari donatur dan berbagai mitra,” ujar Ariyanto, Direktur Eksekutif LAZiS Jateng, Sabtu (30/9/2023).

Ariyanto menyampaikan, ada 95 titik lokasi pendistribusian air bersih di 13 kota/kabupaten yang ada di Jawa Tengah, yang mana ada sekitar 6.858 KK mendapatkan manfaat dari bantuan tersebut.

“Ada di 13 kota/kabupaten di Jateng. Jumlah truk yang kami kirimkan ada 129 tanki dengan total penerima manfaat lebih kurang 6.858 KK masyarakat yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih di tahun ini,” katanya.

Ariyanto menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah mitra seperti BPBD, UPZ UNS, LAZNAS YDSF, PD Salimah Purbalingga, Paguyuban Sumberlawa dalam menyalurkan air bersih ke wilayah-wilayah terdampak kekeringan.

“Kami sangat bersyukur, banyak pihak yang terlibat dalam aksi mengalirkan kebaikan untuk saudara kita yang membutuhkan. Selain mendistribusikan air bersih, kami juga membuat 3 sumur bor dan 5 pipanisasi air,” tuturnya.

Ariyanto mengucapkan terima kasih kepada para donatur, relawan, dan seluruh mitra yang terlibat dalam program ini. Ia berharap bantuan yang diberikan bermanfaat, dan kekeringan segera berakhir agar masyarakat merasa tenang.

Ning S