Kelo mrico. Foto: https://jatengprov.go.id/

KELO mrico mungkin belum familiar bagi sebagian orang. Kelo mrico merupakan salah satu masakan khas Kabupaten Rembang, Jawa tengah.

“Kelo” dalam bahasa Rembang artinya sayur yang berkuah (dalam bahasa Jawa kelan artinya masakan sayur, ikan, dll biasanya berkuah) sementara “mrico” merupakan mrica. Ini adalah jenis ikan laut yang diolah dengan mrica. Tidak hanya ikan laut saja, biasanya juga ikan air tawar seperti bandeng atau jenis ikan lainnya tergantung selera.

Selain ikan bahan utama, biasanya sayur ini juga ditambahkan dengan sayur krai. Sayur krai merupakan sayur yang mirip sekali dengan mentimun namun memiliki warna kulitnya lebih hujau gelap, teksturnya lebih kasar dan keras, serta rasanya lebih hambar. Selain krai masyarakat Rembang kadang menggantinya dengan pepaya muda, atau semangka muda.

Dari namanya sendiri salah satu bumbu yang terkandung dalam sayur ini adalah merica, sehingga pastinya memiliki rasa yang pedas.

Rasa pedasnya disini berasal dari mrica. Cocok banget buat yang suka makanan pedas. Keringat mengalir saat menyatap hidangan ini.

Tak perlu ke Rembang, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Ikuti langkah langkah berikut ini!

Berikut bahan dan cara membuat Kelo Mrico Rembang

Bahanbahan:
1 ekor ikan laut potong potong
1 buah tomat
2 butir asam jawa
1 cm lengkuas
1 cm kunyit
1 butir kemiri
10 butir merica
5 buah cabai rawit
3 bawang merah
2 siung bawang puti
1 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam

Tips:

Sebelum dimasak, oleskan selapis jeruk nipis atau jeruk lemon pada ikan patin untuk mengurangi bau amis. Kemudian cabai yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.

Jenis ikan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.
Bila suka, Anda bisa mengurangi penggunaan krai atau menggantinya dengan papaya muda, atau semangka muda.
Langkahlangkah Pembuatan Kelo Mrico Rembang

Bersihkan ikan, cuci, beri perasan jeruk nipis. Sisihkan sebentar.
Sementara itu didihkan air.
Haluskan bumbu : bawang merah, putih, cabai, kemiri, kunyit, lada. Memarkan lengkuas. Kemudian Masukkan daun jeruk daun salam asam jawa dan bumbu halus ke dalam air yg sudah mendidih. Tambahkan kaldu bubuk dan garam, tes rasa.
Lalu masukkan ikan patin dan sayur krai. Masak sampai matang kurang lebih 5 – 10 menit. KemudianAngkat dan kelo mrico Rembang siap disajikan.

Rasa kelo mrico ini cukup unik, pedas dan asam, benar-benar nikmat. Seperti sayur asem namun dengan bumbu yang kental dan ada rasa khas merica yang semakin menambah rasa pedas.

Selamat Mencoba…

Dinita Charissa Ludviana Mg