Awas, pakai ponsel yang sedang dicharge apalagi dihubungkan dengan earphone sangat berbahaya. Foto: reka

KITA pernah membaca atau mendengar berita tentang ponsel terbakar atau meledak saat proses isi daya (charging) berlangsung. Dan, banyak di antara kita yang sering menggunakan pada saat ponsel sedang di­-charge atau diisi dayan

Menggunakan ponsel memang sudah menjadi suatu kebutuhan saat ini. Berbagai pekerjaan yang dilakukan melalui ponsel biasa membuat orang sulit untuk lepas dari benda tersebut.

Menggunakan baterai yang dapat diiisi ulang, ponsel pasti membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterainya. Namun karena terlalu asyik atau banyak pekerjaan, bahkan banyak orang yang tidak sabar untuk menunggu baterai ponselnya penuh saat di-charge. Padahal hal ini sangatlah berisiko, baik  dari segi  ketahanan ponsel maupun dampak lain bagi penggunanya.

Kebakaran hingga Meledak

Meskipun telah banyak ponsel yang memiliki keamanan yang tinggi, namun terjadinya kebakaran ponsel bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Kemungkinan terjadinya aliran listrik salah atau arus listrik pendek akibat menggunakan ponsel saat diisi daya dapat menyebabkan ponsel terbakar. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan masalah lain di sekitarnya.

Hal yang paling umum terjadi jika ponsel saat diisi daya adalah kerusakan pada ponsel itu sendiri.

Pemakaian ponsel saat mengisi daya akan meningkatkan suhu ponsel dan menjadi panas dan kebanyakan baterai ponsel akan berumur pendek jika digunakan terus menerus digunakan saat mengiisi daya.

Pada umumnya baterai akan berumur pendek jika terlalu sering kamu lakukan hal ini. Oleh karena itu, hindari agar perangkat Anda dalam kondisi baik dan bertahan lebih lama.

Bahaya memainkan ponsel sambil cas untuk penggunanya yaitu mengakibatkan Anda bisa kesetrum. Bahaya ini kemungkinan besar bisa terjadi.

Aliran listrik yang masuk ke ponsel melalui charger bisa mengalami ketidakstabilan arus. Sehingga mengakibatkan orang yang sedang menggunakannya kesetrum. Apalagi jika charger yang kamu gunakan bukan asli.

Memainkan ponsel yang sedang di-charge dapat menyebakan ketidakstabilan sinyal karena daya sambungan ponsel ke listrik.

Apalagi jika sambil digunakan untuk menelepon atau mendengarkan musik. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak, dikarenakan saat menelpon ponsel yang diletakan ditelinga itu sangat dekat dengan otak.

Hal yang paling parah dari kebiasaan memainkan ponsel saat sedang mengisi daya adalah terjadinya ledakan. Ponsel yang terus menerus dimainkan saat sedang mengiisi daya akan membuat suhu ponsel menjadi lebih cepat panas dari keadaan biasanya. Hal ini akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ponsel lebih cepat rusak, atau bahkan meledak karena tidak tahan lagi terhadap suhu yang terlalu tinggi.

Jadi apakah anda masih berani menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya? Hal utamanya adalah menghindari penggunaan ponsel untuk tugas berat sambil mengisi daya, seperti bermain game atau bahkan mengedit video.

Dinita Charissa Ludviana – Mg