blank
Seorang WBP Lapas Semarang tengah mengikuti kegiatan murottal alquran. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar lomba murottal alquran.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (26 dan 27 September 2023) ini juga digelar lomba cerita kisah nabi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama muslim.

Dalam kegiatan diikuti sebanyak 50 WBP. Mereka merupakan perwakilan dari tiap blok hunian. Setidaknya ada minimal 1 orang dari tiap blok yang ikut tampil lomba yang berlangsung di Masjid At Taubah Lapas Semarang.

Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai media instropeksi diri dalam menjalani kehidupan, sehingga berpengaruh pada daya spiritual WBP.

“Untuk motivasi kepada WBP agar selalu memegang teguh agamanya, sehingga dapat membentengi diri dengan bekal iman dan taqwa,” kata Tri Saptono, Rabu (27/9/2023).

“Mayoritas peserta sudah mahir membaca alquran dengan tartil, targetnya yang belum bisa, agar segera menyusul,” tukasnya.

Sementara dalam penilaian lomba murottal alquran sendiri meliputi teknik dalam tajwid, irama dan adab dalam membaca.

Menurut Tri Saptono, ketiga teknik tersebut telah diajarkan oleh para ustadz di Pondok Pesantren At-Taubah Lapas Semarang. Nantinya pemenang lomba akan mendapatkan hadiah dari Lapas Semarang.

Ning S