blank
Kongres XXV, Hendry CH Bangun terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat. Foto: Dok/Kongres PWI

BANDUNG (SUARABARU.ID) – Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin (25/9/2023).

Dalam agenda Kongres PWI XXV tersebut mendengarkan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari.

Sedangkan untuk agenda utama pemilihan ketua umum sendiri diikuti 39 PWI Provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (25-26 September 2023) ini, muncul 3 calon Ketua Umum PWI Pusat, yakni incumbent Atal S Depari sebagai pendaftar pertama, kemudian Hendry Ch Bangun (mantan anggota Dewan Pers) dan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Diawali dengan pemaparan visi misi ketiga calon, pemilihan berlangsung cukup kondusif dan demokratis.

Pemungutan suara yang dilakukan secara voting tersebut berlangsung di El Hotel, Kota Bandung pada Selasa (26/9/2023). Diketahui, dari total 88 suara pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Sedangkan Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah 9 suara.

Dengan demikian dilakukan pemilihan putaran kedua antara Atal S Depari melawan Hendry CH Bangun. Dan pada putaran kedua akhirnya Hendry berhasil mengungguli Atal dengan raihan, Hendry memperoleh 47 suara dan Atal 41 suara. Dengan demikian  Hendri CH Bangun terpilih sebagai Ketua PWI Pusat periode 2023-2028.

Atas kemenangannya Hendry mengucap syukur. “Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia,” ucapnya.

Menurut Hendry, ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya. “Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi, dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” tandasnya.

Ning S