Kontingen Jepara dilepas oleh Kak Hesti Nugroho,Ka Kwarcab Jepara

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka upaya membina karakter peserta didik,  Kwartir Cabang Jepara mengirim kontingen untuk mengikuti Jambore Daerah SD/MI  ke -5 Kwarda Jawa Tengah Tahun 2023. Jambore dilaksanakan pada tanggal 25 – 29 september 2023 di Bumi Perkemahan Candra Birawa, Karanggeneng, Gunung Pati, Kota  Semarang.

Acara tersebut diikuti oleh  ribuan peserta dan pendamping dari seluruh Kwartir Cabang se -Jawa Tengah. Sementara peserta kontingen  Jepara merupakan Tergiat 1 dan 2 putra dan putri hasil seleksi Jambore Cabang Kwarcab Jepara tahun 2023 sebanyak 32 peserta didik.Kontingen ini terdiri dari 4 regu yakni 2 regu putra dari SD Negeri 1 Wonorejo dan SDN 2 Ngandong. Sedangkan regu putri dari SDN 3 Bandengan dan MI Matholi’ul Huda 01 Troso.

Regu dari SDN 1 Wonorejo, Jepara bersama pembina

Acara yang digelar selama 5 hari tersebut mengusung tema “RAKIT”  yakni Riang, Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Terampil. Peserta wajib mengikuti seluruh kegiatan yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu kegiatan umum, kegiatan wawasan dan teknologi, kegiatan adventure dan ketangkasan, serta kegiatan inspirasi dan apresiasi.

Acara dimulai dengan giat prestasi pioneering pembuatan gapura sejumlah 30 bambu yang nantinya akan dipasang pada masing -masing tenda kontingen. Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan Jambore daerah sd /MI Ke-5 Kwarda Jawa Tengah tahun 2023 di lapangan utama Puskepram Candra Birawa yang secara resmi ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh kak Sudjarwanto selaku Pembina upacara dan didampingi para Waka Kwarda Jawa Tengah.

Sedangkan dalam kegiatan inspirasi dan apresiasi pentas seni budaya, kontingen Jepara mempersembahkan tari perang obor dengan harapan dapat memperkenalkan budaya Jepara kepada kontingen Jambore daerah se Jawa Tengah.

Perserta dan pendamping wajib mengikuti seluruh giat pagi, siang, sore dan malam dengan melakukan presensi melalui barcode yang ditempatkan di seluruh tempat kegiatan. Adapun kegiatan yang diikuti peserta tersebut diharapkan anak-anak mengikuti dengan Riang, Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Terampil (RAKIT).

Hadepe – Novrika