Pengunjung di Agro Wisata Panggil, Jatipurno, Wonogiri, dapat memetik langsung buah semangka segar. Momentum pemetikan, dapat sekaligus diabadikan sebagai dokumentasi kenang-kenangan.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Asyik, para pelancong dapat memetik langsung buah Semangka (Citrullus lanatus), di Objek Agro Wisata Panggil, Kecamatan Jatipurno (sekitar 35 Km arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Juga dapat membeli panenan aneka sayuran segar (Sawi, Cabe, Bawang Merah) yang dipetik langsung dari kebun.

Di Agro Wisata Panggil, para pelancong dari menikmati buah Semangka (Water Melon) segar, sekaligus mengabadikan momentum pemetikan untuk dokumentasi kenang-kenangan, dengan latar belakangan hamparan kebun Semangka dan persawahan.

”Di sini, pelancong tidak dikenai retribusi alias gratis,” jelas Tarmin, salah seorang toko Masyarakat Jatipurno, Wonogiri. Di Agro Wisata Panggil, pengunjung dapat menemukan berbagai varietas semangka. Seperti varietas Jamanis dari Mutiara Bumi, Tritan, Andalas, dan Bintang Asia Made-F1.

Harga semangka sangat terjangkau oleh kantong pelancong, yakni Rp 6 ribu per Kilogram (Kg). Pengunjung memiliki kebebasan untuk memilih buah semangka sesuai selera masing-masing. Pengelola Agro Wisata Panggil, memperbolehkan pengunjung untuk mencicipinya terlebih dahulu, melalui tester yang disediakan.

Salah satu pengunjung, Indah, yang berasal dari Kuryo, Kecamatan Jatipurno, menyatakan, wisata petik buah Semangka ini, menjadi kebahagiaan yang memberikan keasyikan tersendiri. ”Saya senang ada wisata petik semangka seperti ini. Sebab momentum memetiknya dapat diabadikan sebagai dokumentasi kenang-kenangan,” ujarnya sembari menambahkan buah Semangkanya segar dan manis.

Ketua Posluh Kelurahan Jatipurno, Wonogiri, Joko Susilo, mengungkapkan, petani di wilayah Jatipurno telah menanam semangka sejak Tahun 2015. Sekitar 15 petani tergabung dalam kelompok dan luas lahan yang ditanami semangka mencapai sekitar 5.000 Meter Persegi.

Berat buah semangka yang dipanen, per biji bervariasi mulai dari 3 Kg hingga 8 Kg, dengan rata-rata 5 Kg per buah. Bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi petik buah Semangka dan menikmati kelezatannya, bisa datang ke Agro Wisata Panggil Jatipurno, di selatan Lapangan Krida Buana Panggil Jatipurno.
Bambang Pur