blank
Panitia Pelaksana Kursus Mahir Dasar menggelar Teknical Meeting di MA Miftahul Huda Bulungan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka capacity building pembina Pramuka di lingkungan LP Ma’arif NU Jepara, Satuan Komunitas ( Sako) Pramuka Maarif NU Jepara akan menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) yang akan dilaksanakan di MA Miftahul Huda Bulungan pada tanggal 30 September, 1 Oktober 2023 dan 6-8 Oktober 2023.

Sebanyak 132 Pembina Pramuka yang terdiri dari 27 pembina siaga, 80 pembina penggalang, dan 25 pembina penegak direncanakan  mengikuti dan menyukseskan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD).

blank

Untuk mematangkan persiapan dan menyamakan persepsi tentang pelaksanaan KMD, Minggu 24 September 2023 Panitia Pelaksana Kursus Mahir Dasar menggelar Teknical Meeting di MA Miftahul Huda Bulungan.

Hadir pada acara tersebut Ketua LP Ma’arif NU, Mualimin, Ketua Pinsako Pramuka Ma’arif, H. Hisyam Zamroni beserta jajarannya.  Jepara. Dari Pusdiklatcab tampak Kak Salamun, Kak Erna, Kak Juwati, Kak Mudzakir, dan Kak Suwito, dan jajaran pelatih lainnya.

Ketua LP Ma’arif,  Mualimin berpesan kepada calon peserta KMD untuk mengikuti kegiatan KMD dengan sungguh-sungguh. ” Kami harap para peserta KMD nanti mengikuti dengan sungguh-sungguh biar ilmu dan pengalaman dari kakak-kakak pelatih dapat diserap dan dipraktikkan,” ujar Mualimin

Ia menjelaskan, Sakoma Jepara sudah dikenal di antero Jawa Tengah setelah menyabet juara umum Persimanu I Jawa Tengah di Purbalingga beberapa bulan lalu. “Jadi, mari kita terus tingkatkan prestasi Pramuka Jepara” pintanya.

blank

Saifur Rohman, Ketua Panitia menuturkan bahwa dalam kegiatan Technical Meeting KMD ini semua peserta diwajibkan memakai seragam Pramuka lengkap dengan tujuan agar dapat dievaluasi pemakaian atribut dan kelengkapan Pramuka sehingga saat pelaksanaan KMD nanti peserta telah memakai seragam Pramuka secara sempurna.

Teknik pelaksanaan KMD nanti dilaksanakan dengan dua model. Pada tanggal 30 September dan 1 Oktober peserta akan mengikuti pembelajaran tatap muka. Sedangkan pada tanggal 6-8 Oktober 2023 adalah materi pembelajaran tatap muka lanjutan, dan diakhiri dengan berkemah di lapangan MA Miftahul Huda Bulungan.

Adapun Rombongan Belajar ( Rombel) akan dibagi 4 Kelas berdasarkan tingkatan pembina. Kelas Pembina Pramuka Siaga 1 Rombel, Kelas Pembina Pramuka Penggalang 2 Rombel, dan Kelas Pembina Pramuka Penegak 1 Rombel.

Hadepe – Sub