blank
Rektor Prof.Dr. Jamal Wiwoho,S.H.,M.Hum sedang mewisuda dan memberikan selamat kepada seorang lulusan terbaik wisuda periode VII Tahun 2023 (Dok/ Humas UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 1.498 sarjana baru  dan 1.142 di antaranya lulus cumlaude . Pada upacara wisuda periode VII Tahun 2023 kali ini terdapat empat wisudawan mahasiswa asing.

Upacara wisuda lulusan program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Profesi Insinyur, Sarjana dan Diploma UNS, dipimpin Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho,S.H., M.Hum dan berlangsung di  Auditorium GPH Haryomataram, SH., kampus UNS, Sabtu (23/9/2023).

Rektor Prof.Dr. Jamal Wiwoho,S.H.,M.Hum dalam sambutannya menyatakan, upacara wisuda kali ini memang beda karena jumlah wisudawan mencapai dua kali dari kuota biasanya.

Semangat dan antusiasme lulusan UNS untuk sesegera mungkin memperoleh kesempatan wisuda bulan ini dapat dimaklumi. Karena di bulan September – Oktober, sebagian besar instansi pemerintah maupun swasta secara bersamaan telah membuka pendaftaran dan seleksi calon pegawai baru.

“Harus diakui, belum semua lulusan berkesempatan diwisuda hari ini, karena keterbatasan tempat,” kata Rektor.

Kepada sarjana baru rektor berpesan, sebagai fresh graduate, jangan pernah takut untuk memulai dan bersaing. Serta jangan mudah menyerah dan ragu untuk melangkah.

Wisudawan diminta yakin, karena hanya dengan sikap hidup seperti itulah potensi kesuksesan lebih membesar. “ Ada satu kata bijak dari Korea yang bisa kita jadikan pedoman hidup, yakni. Saat orang lain tidur, kalian sudah bangun. Saat yang lain baru bangun, kalian sudah berjalan. Saat yang lain berjalan, kalian sudah berlari. Dan saat yang lain berlari, kalian sudah menikmati kesuksesan”, ujarnya.

Pada kesempatan sebelumnya  Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. melaporkan wisudawan yang diwisuda sebanyak 1.498 sarjana baru.

Terdiri 13 lulusan Program Doktor, 83 Magister, 968 Sarjana (S1), 16 Dokter Spesialis dan 90 lulusan D4 serta 338 lulusan D3. Di antara wisudawan 1.142 berpredikat Cumlaude. Mereka yang lulus dengan pujian berasal dari  Sekolah Pascasarjana 14 orang, Fakultas Ilmu Budaya 54 orang , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  66 orang, Fakultas Hukum  40 orang.

blank
Deretan wisudawan berpredikat Cumlaude upacara wisuda periode VII Tahun 2023 UNS yang berlangsung di Gedung Auditorium GPH Haryomataram,SH., kampus setempat , Sabtu (23/9). (Dok/ Humas UNS)

Juga dari Fakultas Ekonomi dan bisnis 81 wisudawan, Fakultas Kedokteran 19 wisudawan, Fakultas Pertanian 82 orang, Fakultas Teknik 65 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 153 wisudawan, Fakultas Keolahragaan 11 wisudawan, Fakultas MIPA 72 wisudawan, Fakultas Seni Rupa dan Desain 52 wisudawan.

Serta Sekolah Vokasi 387 wisudawan, Fakultas Psikologi 15 wisudawan, Fakultas Peternakan 23 wisudawan, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data delapan  wisudawan.

Mahasiswa asing yang diwisuda berasal dari Thailand satu orang dan tiga lainnya asal Jepang. Wisudawan tercepat Program Doktor yakni Doktor Suhailee Sohnui dari Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, lama studi dua tahun 11 bulan IPK 3,70 dengan usia 26 tahun satu bulan.

Wisudawan tercepat Program Magister Elvira Purnamasari, Magister Kesehatan Masyarakat. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, lama studi satu tahun lima bulan IPK 3,97.

Wisudawan termuda Program Magister Arifatul Hikmah, Magister Pendidikan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia usia 23 tahun 11 bulan. Wisudawan tercepat Program Sarjana Oktaviana Dewi, Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi, lama studi tiga tahun sembilan bulan dengan IPK 3,65.
“Wisudawan termuda Program Sarjana yakni Fitrotin Aziza, Sarjana Kedokteran dari Program Studi Kedokteran, dengan usia 19 tahun 11 bulan,” jelasnya.

Bagus Adji