Kepala SMP Negeri 5 Jepara, Lisna Handayani, M.Pd yang ikut keliling kota Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID|) – SMP Negeri 5 Jepara terus menunjukkan komitmennya sebagai sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Bahkan  dalam memperingati World Cleanup Day (WDC) tahun 2023, pelajar sekolah ini melakukan gerakan sarapan bergizi bebas sampah plastik dan kampanye peduli sampah sembari melakukan aksi pungut sampah keliling kota Jepara, pada Sabtu 23 September 2023.

Aksi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian SMP Negeri 5 Jepara dalam mengurangi penggunaan sampah plastik sebagai bungkus makanan, memberikan edukasi kepada masyarakat, dan membersihkan lingkungan di kota Jepara.

Sarapan pagi bersama dengan kemasan non plastik

Kegiatan diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dengan kemasan non plastik, dilanjutkan kampanye peduli lingkungan sembari memungut sampah disepanjang jalan kota Jepara.

Adapun jalur yang dilalui terbagi dalam dua rute yakni rute Kauman meliputi Jl. Kartini,  Jl. Veteran, Jl. Dr. Sutomo. Sedangkan rute Panggang meliputi Jl. Kartini, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Thamrin, dan Jl. Mangun Sarkoro.

Peserta kampanye peduli sampah sembari melakukan aksi pungut sampah keliling kota Jepara

Kegiatan diakhiri di SMP Negeri 5 Jepara dengan penimbangan sampah dan pemilahan sampah sesuai jenisnya. Selanjutnya sampah plastik dikumpulkan untuk diolah menjadi produk paving yang bisa dimanfaatkan untuk penataan sekolah.

Kampanye peduli sampah SMPN 5 Jepara

Menurut Kepala SMP Negeri 5 Jepara, Lisna Handayani, M.Pd., kegiatan ini merupakan salah satu pembiasaan karakter kepada peserta didik.”Tujuannya  untuk  meningkatkan kepeduliaan terhadap lingkungan agar bisa mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, bebas sampah, serta memberi edukasi peserta didik agar mampu memilah sampah sesuai jenisnya untuk diolah menjadi produk yang bermanfaat,”ujarnya

Penimbangan sampah di Bank Sampah Permataku

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan  setiap tahunnya, bahkan di sekolah sudah dibiasakan adanya pengelolaan sampah dan daur ulang sampah di Bank Sampah Permataku. Hasil pengolahan sampah dipajang di Bengkel Kreasi dan secara insidental dipamerkan dalam event-event tertentu.

Peserta kampanye peduli sampah SMPN 5 Jepara

Kegiatan ini akan terus dilakukan di sekolah sebagai salah satu upaya mewujudkan Indonesia yang bersih dan masyarakat yang bijak kelola sampah.

Hadepe