blank
Narasumber pelatihan

JEPARA(SUARABARU.ID|) – Lokakarya “Pembentukan karakter Anak Melalui Cerita Islami” merupakan kolaborasi atau sinergi yang sangat bagus sekali yang diadakan oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Jepara Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga (LBSO) dengan Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Jepara.

Kegiatan lokakarya ini berlangsung pada hari Kamis, 21 September 2023 M , 6 Rabiul Awal 1445 H, bertempat di  Gedung Dakwah Umar Hasyim Blimbingrejo Nalumsari.

Dalam laporannya ketua LBSO dan ketua panitia, Nurul Hidayah menyampaikan kegiatan lokakarya kali ini merupakan program kerja PDA Jepara Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga periode Muktamar 47 dan pelaksanaannya jatuh pada pengurus periode Muktamar 48. Sasaran kegiatan lokakarya ini adalah semua guru TPA, KB, dan TK Aisyiyah se Jepara yang tergabung dalam IGABA Jepara.

Dalam laporannya juga Nurul Hidayah  menyampaikan tindaklanjut dari kegiatan lokakarya /workshop ini, nantinya setiap peserta mengirimkan satu cerita dalam bentuk video atau satu cerita dalam bentuk tulisan atau kedua-duanya, yang nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat dari hasil karyanya itu.

“Selanjutnya dari hasil karya video atau tulisan cerita tersebut akan didokumentasikan yang nantinya bisa dijadikan sebagai referensi video bercerita maupun buku cerita hasil karya peserta semuanya”, terang Nurul Hidayah.

Kegiatan lokakarya kali ini  dihadiri oleh PDA Jepara yang diwakili oleh Deny Ana I’tikafia serta Henny Fransisca, hadir juga PCM Nalumsari Bambang Harsono,SH,MH, PCA Nalumsari Istiqomah, S.Pd.

Kegiatan lokakarya dengan tema “Pembentukan karakter Anak melalui Cerita Islami” ini menghadirkan narasumber Kak Kempho Antaka yang terkenal sebagai juru dongeng dan cerita tingkat nasional.

Diantara materi yang disampaikan oleh Kak Kempho yaitu MANFAAT MENDONGENG BAGI ANAK-ANAK, Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi, Mengembangkan Imajinasi, Mengembangkan Spiritualitas anak, Menumbuhkan motivasi , Menanamkan nilai dan budi pekerti luhur, Membangun watak dan karakter, Mengembangkan kontak batin antara orang tua dan anak, Menambah ilmu pengetahuan, Media terapi, Media hiburan.

Selain beberapa materi mendongeng dan bercerita dari kak Kempho, peserta juga diajari dan praktik langsung cara mendongeng dengan latihan vokal dan nafas, mimik/ ekpresi dan gerak tubuh dan suara serta penekanan intonasi. Kegiatan lokakarya kali ini berlangsung sangat menyenangkan, enak dan sangat dinikmati oleh teman-teman pendidik KB dan TK Aisyiyah se Jepara.

Hadepe – Nurul H