blank
Ganjar disambut antusias ribuan mahasiswa UGM, saat hadir di acara Mata Najwa On Stage, Selasa (19/9/2023). Foto: tmgp

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Kehadiran Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo, disambut antusias ribuan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, saat hadir di acara Mata Najwa On Stage, Selasa (19/9/2023).

Tepuk tangan dan teriakan nama Ganjar bergemuruh, ketika alumni FH UGM itu memasuki Gedung Grha Saba, tempat dia bersama dua capres lainnya mengadu ide dan gagasan.

Ganjar tiba di tempat itu sekitar pukul 18.30 WIB. Didampingi istrinya Siti Atikoh dan putra semata wayangnya Alam Ganjar, Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2023, yang tampil dengan pakaian serba hitam itu, langsung dikerumuni mahasiswa dan para simpatisan yang sejak sore berada di sana.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Terus Monitor Seluruh TPA Cegah Terjadinya Kebakaran

blank
Ganjar saat memberikan keterangan pers pada sejumlah awak media, usai acara. Foto: tmgp

Ganjar sendiri mengaku sangat terkesan dengan sambutan mahasiswa UGM. Dia mengaku seperti pulang kampung, karena dia pernah beraktivitas di kampus biru itu selama delapan tahun lamanya.

”Saya seperti pulang kampung. Saya ingat tempat paling romantis di kampus ini, ya di Gelanggang. Karena di sana menjadi tempat bertemunya seluruh aktivis dan banyak kegiatan. Ada seni, demo dan banyak kisah lain, termasuk kisah bertemu dengan istri saya,” ucapnya disambut tepuk tangan bergemuruh dari ribuan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, Ganjar tampil hampir dua jam. Dia menyampaikan sejumlah ide dan gagasannya, untuk membawa Indonesia lebih maju ke depan.

BACA JUGA: Wali Kota Terima Kembali Kontingen Porprov Kota Magelang

”Salah satunya adalah bonus demografi. Kita harus cepat menangkap itu, agar mendapat deviden dari bonus demografi ini. Salah satu yang mesti dilakukan adalah, dengan pendidikan. Investasi pendidikan harus besar, fasilitas bagus dan merata, nasib guru sejahtera dan perbanyak sekolah vokasi,” jelasnya.

Selain itu, banyak ide gagasan Ganjar lainnya yang disampaikan. Bagaimana negara harus meningkatkan anggaran negara, digitalisasi pemerintahan dan pemberantasan korupsi. Optimalisasi ekonomi digital, energi baru terbarukan sampai pada penanganan stunting juga tak luput dari pembahasan.

Apa yang disampaikan Ganjar menarik atensi banyak pihak. Bahkan, Najwa Shihab sebagai host Mata Najwa, tak banyak berkutik. Satu di antara apresiasi disampaikan oleh dosen UGM, Siti Murtiningsih.

”Apa yang disampaikan Mas Ganjar sangat menginspirasi. Dan saya lihat Mas Ganjar tetap konsisten sebagai tokoh politik, yang selalu berpihak pada kelompok kelas bawah,” ungkap dia.

Riyan