BANTUAN - Korban tenggelam sempat mendapat bantuan dari pengunjung. (Foto: Suntingan Video)
TEGAL (SUARABARU.ID) – Viral video bocah tenggelam di media sosial di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/9/2023). Arka Rizki (11) warga RT 03 RW 04 Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, bersama 8 temannya memasuki PAI menggunakan sepeda melalui pintu timur sekira pukul 06.48 WIB.
Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Dian Eka Kusumawardhani S STP menyampaikan, mereka 9 anak menggunakan sepeda saling berboncengan masuk ke PAI tidak didampingi siapapun. “Mereka bermain mandi di laut diduga terseret ombak. Kondisi ombak saat ini cukup deras,” kata Dian.
Dian menjelaskan, saat korban tenggelam ditolong oleh beberapa pengunjung dibawa ke tepi. Sempat mendapatkan pertolongan dengan nafas buatan.
Selanjutnya oleh petugas korban dilarikan ke Puskesmas terdekat. Menurut Dian kemungkinan korban sudah meninggal dunia. Tapi pihaknya tetap berusaha melarikan korban ke rumah sakit Mitra Siaga untuk memastikan korban. Dan ternyata sudah meninggal dunia.
“Untuk memastikan, kami larikan korban ke rumah sakit Mitra Siaga tapi ternyata korban meninggal dunia,” ungkap Dian.
Dian mengimbau, untuk para orang tua agar selalu tau kemana pergi anak-anak. Apabila tau pergi ke laut anak-anak sebaiknya didampingi orang tua, paling tidak ada yang lebih dewasa untuk mendampingi. “Apabila ingin mandi di pantai sebaiknya melihat kondisi ombak dan jangan terlalu jauh dari tepi pantai,” ujar Dian.
Dengan kejadian tersebut untuk menjadi evaluasi pihaknya agar lebih meningkatkan lagi pengawasan terhadap para pengunjung.
Ada tiga petugas pengawas tiap harinya merupakan seperti hansip setempat dibantu 7 pengamanan terpadu. “Saat itu para petugas kebetulan sedang tidak ada di area kejadian, ada di Pos dan ada yang masih di lokasi lain,” terangnya.
Dian memastikan korban akan mendapat santunan dari asuransi karena mereka masuk PAI menggunakan tiket. Tiket masuk PAI anak-anak Rp 5 ribu dewasa Rp 10 ribu sudah termasuk asuransi.
Sutrisno