Suasana senja di Pantai Gua Manik, Jepara. Foto: Kholifatun Maulintia Fajriati

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara terkenal karena memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik, terutama pantai-pantai yang memukau. Salah satu contohnya adalah Gua Manik, yang menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Gua Manik Jepara adalah salah satu destinasi wisata alam yang memikat dengan pemandangan yang luar biasa, yang sayang jika Anda tidak mengunjunginya. Tempat wisata yang indah ini menampilkan pantai sebagai objek utama yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Wisata ini juga berlokasi dekat dengan salah satu wisata populer di Jepara, yaitu Benteng Portugis. Karena kedua tempat ini berdekatan, maka sangat mudah bagi siapa pun untuk menjelajahi keduanya.

Gua Manik ini berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai Pantai Gua Manik dari Alun-Alun Jepara, Anda perlu menempuh jarak sekitar 45 km.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk masuk ke Gua Manik. Saat ini, tiket masuk ke Pantai Gua Manik Jepara hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan sesuai dengan tarif yang berlaku. Dengan begitu para wisatawan dapat menikmati liburan dan rekreasi di Pantai Gua Manik kapan saja, karena tempat ini buka selama 24 jam sehari.

Awalnya, kawasan Gua Manik digunakan sebagai fasilitas pendukung terapi untuk pasien kusta yang berada di Rumah Sakit Kusta Donorojo. Namun, dengan peningkatan pengembangan lingkungan sekitar Gua Manik, keindahan alamnya kemudian dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Selain itu, kedatangan para wisatawan diharapkan dapat berkontribusi pada penyembuhan psikologis para penderita kusta, sehingga mereka tidak merasa terisolasi. Kawasan ini juga memiliki lahan yang luas yang digunakan untuk perkebunan tebu dan penanaman tanaman pace.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, Pantai Gua Manik selalu menjadi destinasi yang populer bagi wisatawan, terutama saat musim liburan tiba. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua dapat bermain, bersantai, dan berfoto-foto dengan gembira di tempat wisata Jepara yang menawan ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Guamanik antara lain:

Menikmati Sunrise dan Sunset

Di pantai ini pengunjung bisa menyaksikan terbitnya matahari di pagi hari (sunrise). Pengunjung akan melihat panorama pantai ketika pagi. Selain itu, pengunjung juga dapat mengamati matahari terbenam di sore hari (Sunset). Keindahan fenomena alam saat matahari terbit dan tenggelam dapat diabadikan dalam bentuk foto atau video.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini ialah berenang di pantai. Namun harus tetap memperhatikan keamanan jika berenang di pantai.

Hamparan pasir berwarna cokelat di pantai ini biasa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Baik itu menggambar di pasir pantai, berlarian di pasir maupun sekedar berjalan menyusuri pantai.

Bermain ATV. Pengunjung juga bisa merasakan bermain atv di pinggir pantai dengan menyewa ATV yang disewakan di Gua Manik

Berburu foto

Terdapat banyak spot foto di pantai ini, contohnya tugu dan tulisan Gua Manik, sunset, sunrise dan pemandangan khas pantai yang bisa dijadikan spot untuk foto.

 

Pantai Gua Manik di Jepara adalah destinasi cocok bagi mereka yang ingin bersenang-senang dan mencari ketenangan dari kesibukan sehari-hari. Tempat wisata Pantai Jepara ini menawarkan pengalaman melihat matahari terbit dan matahari terbenam yang memiliki daya tarik yang memukau bagi para pengunjung.

Pantai Gua Manik Jepara. Foto: Kholifatun Maulintia Fajriati

Hamparan pasir berwarna cokelat di Pantai Gua Manik Jepara semakin menambah nuansa eksotis kawasan wisata ini. Jika Anda berada di Kota Jepara, pastikan untuk menjelajahi lebih dalam keseruan wisata Pantai Gua Manik ini.

Daya tarik wisata Pantai Gua Manik Jepara siap memanjakan anda yang ingin bersenang-senang. Sekian informasi dalam sebuah ulasan singkat mengenai tempat wisata ini yang rekomended dengan tiket masuk yang sangat murah ini sebagai tujuan mengisi hari libur agar lebih berwarna.

Daya tarik Pantai Gua Manik Jepara siap memberikan pengalaman menyenangkan bagi mereka yang ingin bersantai. Sekian informasi singkat tentang tempat wisata yang sangat rekomen dengan harga tiket masuk yang terjangkau untuk mengisi liburan Anda dengan lebih seru di weekend ini.

Kholifatun Maulintia Fajriati-mg

-Kholifatun Maulintia Fajriati