Beberapa polisi melaksanakan tes kesehatan, Kamis (14/9/23). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono melalui Kabag SDM Kompol Nur’aini Rosyidah, menandaskan, anggota Polri dituntut memiliki stamina dan kesehatan yang optimal, agar selalu siap untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Sejalan dengan itu, Polresta Magelang menggelar tes kesamaptaan jasmani (TKJ) bagi seluruh personel Polresta dan Polsek, Kamis (14/9/2023).

TKJ yang digelar Bagian SDM Polresta Magelang dilaksanakan secara berkala, yaitu setiap enam bulan sekali. Kegiatan itu wajib bagi seluruh personel, mulai jenjang perwira, bintara, dan para ASN yang berdinas di Polresta Magelang. Setiap TKJ berlangsung selama beberapa hari, sesuai jadwal tes peserta yang telah dibagi dalam beberapa sesi.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, melalui Kabag SDM Kompol Nur’aini Rosyidah,
menandaskan bahwa TKJ merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik dan kebugaran jasmani personel Polri. “Diharapkan personel memiliki kesehatan dan kebugaran yang baik, sehingga selalu siap menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan maksimal,” harapnya.

Sebelum melaksanakan rangkaian TKJ, seluruh personel perlu melakukan pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh seksi Dokkes Polresta Magelang. Itu untuk memastikan kondisi kesehatan para peserta. Pengecekan kesehatan di antaranya meliputi tinggi badan, berat badan, dan pemeriksaan tekanan darah.

Usai pemeriksaan kesehatan, personel akan melaksanakan lima jenis tes. Diawali lari pemanasan, dilanjutkan dengan pull up, sit up, push up, dan shuttle run.

Salah satu peserta TKJ, Kapolsek Grabag AKP Mulyanto, berharap, melalui pelaksanaan tes tersebut seluruh personel mampu menjaga kesehatan fisiknya, sehingga bisa optimal dalam bertugas. Melalui TKJ yang dilakukan secara berkala, diharapkan dapat menjadi barometer dan evaluasi dari kondisi kesamaptaan personel Polresta Magelang. Selain itu, dapat menumbuhkan inisiatif personel untuk berkomitmen menjaga kesehatan dan kebugaran jasmaninya agar tetap prima.

“Hingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok kepolisian dengan baik sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” katanya.

Eko Priyono