blank
Tempe mendoan. Foto: Dok/Cookpad-Ummu Khal Kitchen

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe dan dibaluri tepung serta daun bawang, kemudian digoreng setengah matang.

Makanan ini berasal dari eks Karesidenan Banyumas, tepatnya di Banyumas, Jawa Tengah. Mendoan banyak disukai oleh hampir semua kalangan. Makanan ini juga bisa dinikmati bersama nasi maupun hanya untuk sekedar kudapan.

Bukan hanya di Banyumas, mendoan juga banyak dijumpai di kota lain, salah satunya di Semarang. Cara membuatnya pun sangat gampang. Kamu bisa mencoba membuat mendoan ala Semarang sendiri di rumah lho..

Melansir dari Cookpad, hanya dengan 13 bahan, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Apa saja bahan-bahan yang harus disiapkan? yuk simak!

Bahan-bahan:

150 gr tepung terigu protein tinggi
1 papan tempe

Haluskan:
1 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1 sdt garam

Bahan tambahan:
200 ml air dingin (bisa dikurang/tambah sesuai kebutuhan)
Segenggam daun bawang potong tipis

Sambel kecap:
1 siung bawang putih
1 bh cabe setan
Secukupnya kecap manis

Cara membuat:

1. Iris setipis mungkin tempe. Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan semua bahan-bahan kecuali tempe. Konsistensi tepung pelapis agak encer. Goreng dalam minyak banyak dengan suhu api sedang. Goreng hingga kecoklatan.

2. Buat sambel kecap. Haluskan bawang putih dan cabe setan, pindahkan ke mangkok saji, beri kecap manis. Aduk rata.

3. Sajikan mendoan dengan sambel kecap ataupun cabe rawit sesuai selera. Pastikan kamu mengikuti resep dengan benar mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya, agar mendapatkan hasil yang sempurna. Selamat mencoba!

Ning S