Penutupan latihan gabungan antara TNI dan Komando indo- Pasifik AS ( INDOPACOM) Operational Staff Exercise Super Garuda Shield resmi ditutup

SURABAYA (SUARABARU.ID)- Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2023 yang digelar di Banongan Situbondo Jawa Timur telah resmi selesai. Peresmian penutupan Operational Staff Exrcise Super Garuda Shield ditutup langsung Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Edi Haryanto .S.E., mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla  di Ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmada II Surabaya, Rabu (13/9/2023).

Latgabma Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2023 merupakan Latihan Gabungan Bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) yang juga melibatkan negara-negara satu kawasan dan telah dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 31 Agustus hingga 13 September 2023 .

latihan ini melibatkan ribuan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun tentara dari negara sahabat yang ada di kawasan Indo-Pasifik diantaranya Amerika Serikat (US), Australia, Jepang, Singapura, Inggris, serta negara pengamat dari Inggris, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, dan Timor Leste.

Dalam amanat Asisten Operasi Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P. yang dibacakan oleh Danguspurla Koarmada II mengatakan bahwa, latihan yang diselenggarakan dengan sukses ini semoga dapat bermanfaat.  “Terutama dalam meningkatkan kesiapan dan kemampuan untuk melakukan pengambilan keputusan proses militer secara efektif dan efisien,” ujarnya

Hadepe – Edy S